Makanan Berlemak Penyebab "Ngantuk" Setelah Makan Siang

Kompas.com - 23/04/2016, 11:00 WIB
Menu makan bersama KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOMenu makan bersama
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Rasa ngantuk yang sulit ditahan setelah makan siang bisa disebabkan oleh pemilihan menu makan yang tidak sehat. Pola makan tinggi lemak merupakan salah satu penyebabnya.

Orang yang banyak mengasup makanan berlemak paling besar kemungkinannya mengalami ngantuk di siang hari dan juga sleep apnea (henti napas ketika tidur dan ditandai dengan mengorok).

Hubungan antara asupan lemak dengan sleep apnea paling terlihat pada orang yang gemuk. Sedangkan kaitan antara makanan berlemak dan mengantuk setelah makan bisa dilihat pada orang dengan berbagai kategori berat badan.

"Pola makan berpengaruh besar pada kesehatan. Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak berdampak buruk bagi kualitas tidur. Kuncinya adalah makan secara sehat dan seimbang," kata Yingting Cao, peneliti dari Univeristas Adelaide, Australia.

Dalam penelitiannya, Cao memberi kuesioner pada 1.800 pria mengenai pola makan dan seberapa mengantuk mereka di siang hari. Para responden itu juga dimonitor secara elektronik untuk mengetahui adakah gangguan tidur sleep apnea.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X