Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Berlemak Penyebab "Ngantuk" Setelah Makan Siang

Kompas.com - 23/04/2016, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Rasa ngantuk yang sulit ditahan setelah makan siang bisa disebabkan oleh pemilihan menu makan yang tidak sehat. Pola makan tinggi lemak merupakan salah satu penyebabnya.

Orang yang banyak mengasup makanan berlemak paling besar kemungkinannya mengalami ngantuk di siang hari dan juga sleep apnea (henti napas ketika tidur dan ditandai dengan mengorok).

Hubungan antara asupan lemak dengan sleep apnea paling terlihat pada orang yang gemuk. Sedangkan kaitan antara makanan berlemak dan mengantuk setelah makan bisa dilihat pada orang dengan berbagai kategori berat badan.

"Pola makan berpengaruh besar pada kesehatan. Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak berdampak buruk bagi kualitas tidur. Kuncinya adalah makan secara sehat dan seimbang," kata Yingting Cao, peneliti dari Univeristas Adelaide, Australia.

Dalam penelitiannya, Cao memberi kuesioner pada 1.800 pria mengenai pola makan dan seberapa mengantuk mereka di siang hari. Para responden itu juga dimonitor secara elektronik untuk mengetahui adakah gangguan tidur sleep apnea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com