Benarkah "Essential Oil" Tanpa Efek Samping?

Kompas.com - 22/04/2016, 20:37 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Banyak studi yang mendukung manfaat essential oil atau minyak esensial dan menunjukkan bahwa minyak esensial memiliki efek positif seperti mengurangi rasa sakit, kecemasan, peningkatan memori dan banyak lagi.

"Kami menggunakan semakin banyak minyak esensial dalam praktek kami di Mayo Clinic, seperti minyak lavender untuk membantu menangani stres dan peppermint untuk mual," kata Brent A. Bauer, MD, internal medicine doctor dan direktur Mayo Clinic Complementary and Integrative Medicine Program, Minnesota.

“Namun, walau terbilang kaya manfaat, bagaimanapun, jika digunakan tidak benar, ada konsekuensi yang berbahaya dari minyak esensial.”


Jangan terlena oleh label “alami”

Sesehat apapun sebuah zat, selain efek menguntungkan, tentu ada efek negatif yang bisa ditimbulkan, kata Bauer.

"Entah itu obat, herbal, atau minyak esensial, semua harus diperlakukan dengan hormat," lanjutnya.

Roz Zollinger, aromaterapis bersertifikat, instruktur dan pendiri Pusat Penyembuhan di Atlanta menambahkan, “Jangan menganggap itu aman sepenuhnya dan sadarilah bahwa tidak semua perusahaan minyak esensial menguji kualitas minyak mereka. Jadi, ada baiknya Anda mencari tahu latar belakang perusahaan sebelum Anda membeli produk mereka.”


Hindari mengonsumsinya

Kecuali Anda seorang ahli, pemakaian minyak esensial yang terbaik ialah pemakaian luar, mengikuti dasar-dasar aromaterapi.

"Minyak esensial sangat pekat dan memiliki berbagai tingkat toksisitas jika tidak digunakan dengan benar," Zollinger memeringatkan.

Ada banyak distributor yang mencontohkan menelan minyak esensial, tanpa pelatihan yang lebih dalam di bidang tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Yahoo News
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X