Kompas.com - 09/04/2016, 17:16 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Ketika tim ilmuwan membedah perut seekor tikus yang ditemukan di Gunung Gandang Dewata, mereka menemukan sesuatu yang mengejutkan.

Alih-alih menemukan jenis-jenis makanan yang biasa ditemukan pada tikus lainnya, tim ilmuwan justru menemukan akar-akar yang telah dicerna.

Analisis morfologi dan genetika mengungkap bahwa karakteristik tikus tersebut begitu unik sehingga kemudian dinobatkan sebagai genus baru.

Genus adalah taxa di atas spesies. Satu genus mencakup banyak spesies. Umumnya penelitian taksonomi mengungkap spesies baru. Riset ini unik karena menemukan genus sekaligus spesies baru.

Jenis tikus itu dinamakan Gracilimus radix. Gracilimus berarti ramping, radix berarti akar. Sederhananya, tikus itu disebut tikus akar. Temuannya dipublikasikan di Journal of Mammalogy.

Tikus itu ditemukan oleh Anang Setiawan Achmadi dari Museum Zoologi Bogor, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), beserta Kevin Rowe dari Museum Victoria dan Jacob Esselstyn dari Lousiana State University saat menjelajah Gandang Dewata pada tahun 2012.

Dalam penjelajahan, mereka dibantu oleh warga dari desa Rantepangko, sebuah desa di Mamasa, kota paling dekat dengan Gandang Dewata.

"Kita namakan tikus akar karena memang membedah perutnya, kita banyak menemukan material tumbuhan, terutama akar," ungkap Anang kepada Kompas.com, Jumat (8/4/2016).

Tikus akar masuk golongan cecurut, merupakan genus ketiga dan spesies keempat yang ditemukan di Gandangdewata dalam empat tahun terakhir.

Unik, Punya Saudara Beda Alam