Kompas.com - 07/04/2016, 16:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Laptop dan aplikasi notebook kini seakan membuat pena dan kertas menjadi tampak “antik”. Namun, mengetik materi dengan keyboard tidak meningkatkan kemampuan belajar layaknya saat Anda memilih untuk mencatat dengan tangan dan pena.

Para peneliti di Universitas Princeton dan Universitas California di Los Angeles menemukan, ketimbang mereka yang mengetik, orang-orang yang menulis tangan mampu menangkap pelajaran lebih baik, menyimpan informasi lebih lama, dan lebih mudah memahami ide-ide baru.

"Menulis tangan membuat fungsi otak yang berkaitan dengan kemampuan belajar menjadi lebih tajam ketimbang saat mengetik," kata psikolog pendidikan Kenneth Kiewra di University of Nebraska di Lincoln, yang mempelajari perbedaan dalam menulis dan pengaturan informasi.

"Menulis tangan adalah proses yang cukup dinamis," kata psikolog kognitif Michael Friedman di Harvard University, "Anda memproses ulang apa yang Anda dengar dalam pikiran Anda."

Namun hari ini, hampir semua siswa, terutama mahasiswa, memiliki “komputer portabel”. Mengetik dengan keyboard pun seakan telah menjadi bagian dari pendidikan tinggi.

Tak dipungkiri, umumnya orang yang mengetik pelajaran pada laptop bisa menulis lebih banyak dalam waktu lebih singkat ketimbang orang yang menulis dengan pena atau pensil, analisa para peneliti.

Mahasiswa yang mengetik dengan keybord bisa mencatat 33 kata per menit, sedang mahasiswa yang menulis tangan hanya 22 kata per menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau mencatat dengan tangan lebih lama, para peneliti di Washington University di St Louis menemukan, mahasiswa yang mencatat dengan tulisan tangan dapat mengingat pelajaran kuliah lebih lama ketimbang mahasiswa yang mencatat menggunakan keyboard.

Peneliti melaporkan, studi tersebut melibatkan 80 siswa dan telah diterbitkan dalam Journal of Educational Psychology.

Peneliti mendapati, orang yang mencatat dengan keyboard cenderung akan lupa tentang materi yang dicatat dalam waktu 24 jam. Sebaliknya, mereka yang mencatat dengan tangan bisa mengingat materi kuliah lebih lama, bahkan hingga seminggu kemudian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.