Sering Main "Gadget" Ganggu Kecerdasan Emosional Anak

Kompas.com - 29/03/2016, 17:37 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com — Bermain gadget atau gawai memiliki dampak positif dan juga negatif bagi anak. Salah satu sisi positifnya, gadget bisa menjadi media untuk belajar anak. Namun, sisi negatifnya, terlalu sering main gadget justru bisa menghambat perkembangan kecerdasan emosional anak.

"Gadget itu satu arah. Komunikasinya enggak dua arah. Jadi, gadget enggak mengasah kecerdasan sosial. Untuk peka secara emosional, enggak berkembang," kata psikolog, Roslina Verauli, dalam kampanye Bebehero Bebelac di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Dengan terus-menerus bermain gadget, anak akan sibuk sendiri tanpa memikirkan lingkungan di sekitarnya. Menurut Vera, anak perlu dibatasi dalam penggunaan gadget. Jangan sampai anak punya ketergantungan dengan gadget sejak kecil.

Vera mengatakan, kecerdasan emosional sangat penting untuk dimiliki oleh anak-anak. Mengasah kecerdasan emosional sejak kecil bisa menumbuhkan kompetensi sosial pada anak. Salah satunya dengan menumbuhkan rasa empati.

"Ketika anak kompeten secara emosional, anak juga siap kompeten secara sosial. Anak mampu berbagi pada orang lain, bisa mengikuti aturan main. Anak yang cerdas secara emosional mampu mengendalikan emosi negatif," kata Vera.

Menurut Vera, orangtua perlu memberikan contoh baik untuk mengasah kecerdasan emosional anak. Selain gadget, perilaku orangtua dan lingkungan sekitar anak juga memengaruhi kompetensi sosial anak.

Pada kesempatan yang sama, ahli nutrisi Saptawati Bardosono menambahkan, perkembangan anak secara emosional juga perlu didukung dengan asupan nutrisi yang seimbang. Umumnya, anak mulai bisa peka secara sosial atau bisa berempati sejak usia dua atau tiga tahun. Kemudian, pada usia empat tahun, kemampuan kognitif anak akan muncul.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X