Inilah Wajah Jawa, Bali, dan Lombok Ketika Dipotret dari Antariksa

Kompas.com - 22/03/2016, 21:20 WIB
Potret kepulauan Indonesia dari Antariksa NASAPotret kepulauan Indonesia dari Antariksa
EditorYunanto Wiji Utomo
KOMPAS.com — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto wajah kepulauan Indonesia dipotret dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada Minggu (20/3/2016).

Foto yang diambil dari jarak 1.600 kilometer dari permukaan bumi itu menunjukkan wajah Jawa, Bali, Lombok, Sumba, Timor, serta enam gunung, di antaranya Rinjani, Kelut, Semeru, dan Lawu.

Dalam rilisnya pada Minggu, NASA menyatakan bahwa foto itu diambil pada 25 Oktober 2015 oleh kru Ekspedisi 45 di ISS yang dikomando oleh astronot Scott Kelly.

Astronot mengambil foto tersebut saat cuaca di Jawa dan wilayah lain di timurnya cerah, sementara Sumatera tengah dilanda bencana kebakaran hutan.

Di bagian timur Jawa, tampak wilayah yang sangat terang karena paling merefleksikan cahaya matahari. Wilayah itu adalah Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia.

NASA Lima pulau dan enam gunung Indonesia dipotret oleh kru Ekspedisi 45 ke ISS.
Dalam foto tersebut, enam gunung yang terpotret tampak aktif. Lihat "uap" yang keluar dari gunung itu. Gunung-gunung itu menjadi tulang punggung kepulauan Indonesia yang terbentuk dari benturan antara lempeng Australia dan Asia.

Di luar keindahannya, foto yang memotret gunung-gunung yang aktif itu menunjukkan bahwa negeri kita adalah negeri yang rawan bencana. Sudah seharusnya kita membangun kewaspadaan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X