Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Wajah Jawa, Bali, dan Lombok Ketika Dipotret dari Antariksa

Kompas.com - 22/03/2016, 21:20 WIB
KOMPAS.com — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto wajah kepulauan Indonesia dipotret dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada Minggu (20/3/2016).

Foto yang diambil dari jarak 1.600 kilometer dari permukaan bumi itu menunjukkan wajah Jawa, Bali, Lombok, Sumba, Timor, serta enam gunung, di antaranya Rinjani, Kelut, Semeru, dan Lawu.

Dalam rilisnya pada Minggu, NASA menyatakan bahwa foto itu diambil pada 25 Oktober 2015 oleh kru Ekspedisi 45 di ISS yang dikomando oleh astronot Scott Kelly.

Astronot mengambil foto tersebut saat cuaca di Jawa dan wilayah lain di timurnya cerah, sementara Sumatera tengah dilanda bencana kebakaran hutan.

Di bagian timur Jawa, tampak wilayah yang sangat terang karena paling merefleksikan cahaya matahari. Wilayah itu adalah Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia.

NASA Lima pulau dan enam gunung Indonesia dipotret oleh kru Ekspedisi 45 ke ISS.
Dalam foto tersebut, enam gunung yang terpotret tampak aktif. Lihat "uap" yang keluar dari gunung itu. Gunung-gunung itu menjadi tulang punggung kepulauan Indonesia yang terbentuk dari benturan antara lempeng Australia dan Asia.

Di luar keindahannya, foto yang memotret gunung-gunung yang aktif itu menunjukkan bahwa negeri kita adalah negeri yang rawan bencana. Sudah seharusnya kita membangun kewaspadaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com