Kompas.com - 09/03/2016, 20:19 WIB
Foto menunjukkan hasil pengamatan gerhana oleh NASA dengan kamera polarisasi. Sebagian besar foto tampak gelap menunjukkan periode totalitas yang tertutup awan. KOMPAS.COM/YUNANTO WIJI UTOMOFoto menunjukkan hasil pengamatan gerhana oleh NASA dengan kamera polarisasi. Sebagian besar foto tampak gelap menunjukkan periode totalitas yang tertutup awan.
EditorKistyarini
KOMPAS.com - Mendung tebal memang menyelimuti langit Maba, Halmahera Timur, saat gerhana matahari total Rabu (9/3/2016) hari ini.

Namun itu tak berarti seluruh misi penelitian Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sia-sia.

Begitu periode gerhana matahari usai, ahli matahari NASA Nelson Raginald mengatakan kepada Kompas.com, "Kami tidak mendapatkan data apa pun."

Dia berdiri dan menunjuk pada rangkaian foto yang terpampang pada galeri di laptopnya, "Lihat semuanya hitam."

NASA awalnya ingin mengungkap misteri matahari yang hingga kini belum terjawab: mengapa korona matahari begitu panas?

Permukaan matahari hanya memiliki suhu sekitar 10.000 derajat Celsius. Namun, atmosfer atau koronanya memiliki suhu sejuta derajat Celsius. Kenyataan itu membingungkan ilmuwan.

Lewat pengamatan gerhana matahari total 2016 kali ini, ilmuwan NASA sebenarnya ingin mengurai misteri tersebut. Para ilmuwan membawa versi terbaru kamera polarisasi.

Kamera polarisasi versi terbaru itu baru dipakai untuk pengamatan gerhana matahari di Maba. NASA ingin mengetes kerja alat tersebut.

Sayang mendung menutup matahari sehingga tak ada data berharga yang berguna untuk menguK misteri korona.

Meski ada misi yang gagal, peneliti matahari NASA lainnya, Nat Gopalswamy, mengatakan bahwa penelitian kali ini tetap berharga.