Benarkah Jus Jambu Bisa Tingkatkan Kadar Trombosit?

Kompas.com - 05/03/2016, 16:38 WIB
Kasus DBD nasional KOMPASKasus DBD nasional
|
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS.com - Buah jambu biji yang biasanya dibuat jus dikenal ampuh membantu pemulihan pasien demam berdarah dengue (DBD). Tak heran jika selain obat, biasanya pasien juga memilih mengonsumsi jus jambu biji untuk menaikkan kadar trombosit. Benarkah demikian?

Menurut dokter spesialis anak konsultan bidang infeksi dan dan penyakit tropis, Sri Rezeki Hadinegoro, buah jambu biji bukan untuk meningkatkan trombosit pasien DBD. Buah ini sebenarnya sama manfaatnya dengan buah-buahan lain yang kaya nutrisi.

"Buah jambu, daun jambu, apapun itu sebenarnya mengandung vitamin C yang tinggi, makanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, tapi tidak spesifik menaikkan trombosit," ujar Sri seusai acara peluncuran gerakan Bersama Melawan Demam Berdarah di Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Sri mengatakan, rendahnya trombosit memang ciri khas penyakit DBD. Akan tetapi, bukan hanya kadar trombosit yang perlu diperhatikan pada pasien DBD.

"Bukan hanya trombosit yang ditakutkan. Lebih takut hematokrit. Kalau hematokrit naik terus, pasien bisa syok," terang Sri.

Naiknya hematokrit bisa menjadi tanda kebocoran plasma darah memburuk. Pasien bisa mengalami perdarahan hingga hilang kesadaran.

Sri mengungkapkan, pasien DBD memang sangat membutuhkan cairan untuk tubuh. Cairan yang dibutuhkan bukan sekedar air putih, tetapi cairan yang bernutrisi atau mengandung elektrolit.

"Asupan cairan untuk tubuh itu nomor satu bagi pasien dengue," kata Sri. Ia menjelaskan, cairan itu dibutuhkan pasien DBD sebagai pengganti akibat kebocoran plasma.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X