Bayar Rp 200 untuk Kantong Plastik, Apa Reaksi Warga?

Kompas.com - 22/02/2016, 15:01 WIB
Pusat perbelanjaan di Kota Bandung menawarkan sejumlah desain kantung belanja cantik. Hal ini untuk meningkatkan minat konsumen mengganti kantung plastik dengan kantung belanja. KOMPAS.com/ RENI SUSANTIPusat perbelanjaan di Kota Bandung menawarkan sejumlah desain kantung belanja cantik. Hal ini untuk meningkatkan minat konsumen mengganti kantung plastik dengan kantung belanja.
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Mulai Minggu (21/2/2016), kantong plastik belanja tak lagi gratis. Mereka yang berbelanja dan tak membawa tas sendiri akan dikenai biaya minimal Rp 200.

Bagaimana reaksi warga Jakarta? Kompas.com mencoba bertanya ke beberapa orang pada Senin (22/2/2016).

Stella, salah satu warga Jakarta yang ditemui di Grand Indonesia mengatakan, kebijakan itu belum memengaruhi dirinya dalam mengonsumsi plastik.

"Pakai plastik lebih praktis. Mending saya bayar Rp 200 daripada harus bawa tas sendiri. Ribet," katanya. Selain itu, ia mengaku tidak terbiasa membawa tas ke mana saja.

Diah yang pekerja kantoran di area Thamrin punya komentar sedikit berbeda.

"Biasanya orang kan jalan-jalan enggak persiapan buat belanja. Tiba-tiba kita masuk, belanja, dan enggak bawa plastik. Akhirnya memang harus beli," jelasnya.

Ia mengatakan, harga Rp 200 juga masih murah sehingga membeli pun tak masalah. Ia bahkan mengaku akan rela membeli kecuali harga kantong keresek sudah setara dengan kantong kain yang bisa dipakai berkali-kali.

Walau beberapa masih rela membayar plastik, ada juga yang sudah menyadari pentingnya pengurangan plastik.

Marcella mengatakan, misalnya ketika berbelanja di Foodhall Grand Indonesia, dia membawa dua kantung besar untuk menampung sayuran, susu, buah-buahan, dan makanan ringan yang dibelinya.

Biasanya trolinya berisi belanjaan yang ditampung di banyak plastik keresek. Kini, hanya dua kantong belanja besar dan satu kantong plastik.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X