Kompas.com - 21/02/2016, 12:19 WIB
Nyamuk Aedes Aegypti. AFP PHOTO/MARVIN RECINOS Nyamuk Aedes Aegypti.
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Ilmuwan Australia sedang mengembangkan nyamuk jenis baru yang diyakini bisa membantu melawan sejumlah virus, seperti demam berdarah dan mungkin zika.

Jurnal PLOS Pathogens melaporkan soal kemajuan dari laboratorium yang meneliti nyamuk Aedes aegypti yang telah terinfeksi dua jenis bakteri Wolbachia.

Bakteri ini dapat mengurangi risiko demam berdarah menyebar ke manusia.

"Nyamuk yang sudah sangat terinfeksi ini lebih efektif dalam memblokir demam berdarah dibandingkan serangga yang sudah terinfeksi," demikian dijelaskan Profesor Cameron Simmons dari Peter Doherty Institute di University of Melbourne.

Jenis turunan dari serangga ini pun diyakini dapat berguna dalam mencegah virus yang kebal terhadap bakteri Wolbachia.

"Bukti laboratorium juga menunjukkan, Wolbachia dapat berguna untuk virus lain yang disebarkan Aedes aegypti, termasuk zika, chikungunya, dan virus demam kuning," kata Profesor Simmons.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan cara membatasi replikasi virus ini di nyamuk, dengan cara menyuntikkan nyamuk dengan bakteri Wolbachia disebut wMel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil studi pada demam berdarah menunjukkan, saat nyamuk menggigit orang yang terinfeksi, kemampuan virus untuk menyebarkan serangga Wolbachia yang terinfeksi menjadi terbatas.

Jika tidak ada virus dengue di kelenjar ludah nyamuk, serangga tidak dapat menularkan virusnya ke manusia.

Namun, kini ada kekhawatiran. Dari waktu ke waktu, virus akan mengembangkan sistem yang membuat kekebalan terhadap bakteri tersebut.

Untuk mengurangi kemungkinan ini, Profesor Simmons dan timnya telah mengembangkan jenis Aedes aegypti yang terinfeksi dengan dua wMel dan jenis kedua Wolbachia yang disebut wAlbB. Diharapkan, jenis ini nantinya dapat mengurangi replikasi dengue pada nyamuk. (Anna Salleh)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.