Fungsi "Door Visor" Bukan Cuma Talang Air

Kompas.com - 16/02/2016, 15:54 WIB
Kegunaan talang air di mobil hondapartsdeals.comKegunaan talang air di mobil
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, Otomania — Meski sejatinya naik mobil tidak terkena guyuran hujan, besar kemungkinan air bisa masuk saat pengemudi atau penumpang membuka kaca. Salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah memasang talang air atau door visor.

Sesuai namanya, talang air bisa berguna untuk mencegah masuknya air ketika kaca mobil dibuka sedikit, baik saat mengambil tiket atau membayar tol, maupun untuk mengurangi dinginnya suhu di dalam kabin.

Kebanyakan orang menganggap door visor hanya pelengkap tampilan, padahal fungsinya sangat menolong karena bisa mencegah air masuk ke dalam kabin. Keberadaannya bisa melindungi beragam tombol elektrik, salah satunya panel power window yang menempel pada door trim.

"Selain bisa meningkatkan tampilan mobil, talang air juga berguna untuk melindungi masuknya air ke dalam kabin. Banyak orang menganggap sepele hal ini sebelum mereka merasakan sendiri manfaatnya karena air yang mengenai panel power window bisa menyebabkan kerusakan, bahkan tidak menutup kemungkinan menyebabkan korsleting," ucap Raja Nami Siregar, Kepala Bengkel Auto2000 Ciledug, saat dihubungi Otomania, Minggu (14/2/2016).

Biasanya, sebagian besar mobil sudah dilengkapi door visor. Namun, mereka yang belum memperolehnya bisa mendapatkannya di bengkel resmi atau toko aksesori. Kisaran harga cukup bervariatif, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 700.000, tergantung jenis dan dimensi mobil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X