Antisipasi Kesehatan di Rumah Tak Cukup Hanya Kotak P3K

Kompas.com - 04/02/2016, 06:39 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Bayangkan ketika sedang memotong bawang, tanpa sadar tajamnya pisau malah mengiris dalam jari Anda dan membuatnya terluka. Perih pun langsung terasa, dan semangat memasak makan malam hilang seketika.

Mungkin, perkara itulah yang membuat kotak pertolongan pertama pada kecelakaan atau lebih dikenal dengan P3K lumrah ditemukan di rumah-rumah. P3K biasanya berbentuk tas atau lemari kecil berisi obat luka, perban penutup luka, serta antibiotik pereda batuk atau demam. Luka kecil seperti irisan atau pusing kepala dapat segera ditolong.

Namun, sebenarnya P3K saja belum cukup dijadikan sebagai persiapan alat kesehatan di rumah. Karena selain luka irisan, Anda juga perlu mengantisipasi sejak dini gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti jantung, diabetes maupun kolesterol.

Ini bukan lantas lekas-lekas memindahkan mesin MRI dan CT-scan ke rumah. Anda cukup menyediakan perlengkapan medis yang praktis dengan nilai guna tinggi, misalnya alat pengukur kadar gula.

Ingat, diabetes bisa menyerang siapa saja karena gaya hidup yang tidak sehat. Jarang mengonsumsi makanan berserat, pola tidur tidak teratur, serta malas berolahraga dapat bisa memicu tingginya gula pada tubuh.

Menyimpan alat uji gula darah di rumah akan membantu memantau tingginya glukosa secara berkala, sedikitnya tiga sampai enam bulan sekali. Jadi, Anda tahu saat tingkatan kadar gula naik dan segera mengambil tindakan.

Alat pengukur denyut jantung juga dapat menjadi investasi kesehatan Anda karena memudahkan pemeriksaan denyut jantung kapan saja dibutuhkan. Rekaman denyut jantung dan waktunya bisa menjadi acuan rencana intensitas olahraga yang cocok dilakukan.

Apalagi, alat seperti ini sudah ada yang bisa tersambung pada ponsel. Tidak hanya mengukur detak jantung, tetapi juga dapat menghitung jumlah langkah dan terbakarnya kalori setiap hari.

Salah satu yang bisa diandalkan ialah Leadtek amor H1. Alat ini termasuk yang disarankan oleh Taiwan Excellence, penghargaan pada produk asal Taiwan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), di bawah pengawasan Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT), Kementerian Ekonomi (MOEA) Taiwan.

Terakhir, sediakan treadmill di ruang keluarga Anda. Ini memang bukan alat medis, tetapi kegunaannya efektif untuk menjaga kesehatan, apalagi dalam cuaca musim hujan tak menentu seperti sekarang.

Treadmill memungkinkan Anda berolahraga kapan saja tanpa terganggu jalan becek atau udara dingin. Alat ini juga bisa diatur tingkat kesulitan dan kecepatan sesuai kemampuan penggunanya.

Pepatah lama mengatakan sedia payung sebelum hujan. Jadi, ada baiknya Anda mencegah datangnya penyakit sebelum merasakan kesulitan dalam penyembuhannya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X