Obsesi Olahraga Justru Hambat Penurunan Berat Badan

Kompas.com - 02/02/2016, 15:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda memperbanyak waktu untuk olahraga demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, mencapai berat badan yang dianggap ideal, dalam waktu yang lebih cepat. Sayangnya, pemikiran tersebut berbanding terbalik dengan hasil dari sebuah studi terbaru.

Studi yang dirilis dalam jurnal Current Biology mengungkap, berolahraga terlalu sering justru bisa menggagalkan rencana penurunan berat badan dalam waktu cepat.

Sehingga peneliti memandang, olahraga berlebihan hanya akan membuang-buang waktu, sebab manfaat sehat pun tak akan ada dapat secara maksimal.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, para peneliti dari City University of New York mempelajari rutinitas olahraga dan pengeluaran energi harian dari 300 responden pria dan wanita.

Para peserta yang melakukan aktivitas fisik sehari-hari seperti berjalan sekitar 15-30 menit menuju kantor untuk bekerja dan hanya sesekali pergi gym, didapati membakar 200 kalori lebih banyak setiap hari, ketimbang mereka yang setiap hari berolahraga ke gym.

Sehingga peneliti menilai, bila kegiatan sehari-hari lebih banyak diisi dengan duduk di sofa sambil ngemil kentang, terlalu sering menghabiskan waktu di gym pun sama buruknya dengan itu.

“Bagi mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak di gym dari waktu yang disarankan, yaitu melebihi 45 menit hingga 1 jam, sesi pengeluaran keringat tidak akan membawa perbedaan dalam hal pengurangan kalori. Sehingga berat badan tidak akan berkurang. Tubuh akan mempertahankan persentase lemak saat aktivitas fisik meningkat demi menjaga cadangan energi," tulis pemimpin penulis studi, Herman Pontzer, PhD.

Dengan kata lain, penurunan berat badan akan dihentikan oleh tubuh bila dilakukan di luar batas normal. Cara terbaiknya ialah padukan antara olahraga di gym dan bergerak aktif dalam kegiatan sehari-hari, termasuk melakukan diet sehat.

Pasalnya, kebugaran yang Anda dapatkan di gym saja tidak dapat membantu Anda menurunkan berat badan seluruhnya, penulis penelitian mengungkapkan.

Sebaliknya, kombinasi antara olahraga, aktif bergerak, dan diet sehat adalah kunci untuk penurunan berat badan yang berkelanjutan.

"Ada banyak bukti bahwa olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat, namun itu tak akan maksimal untuk kesehatan maupun penurunan berat badan tanpa disertai dengan bergerak aktif dan diet sehat," kata Dr Pontzer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Yahoo news
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X