10 Tahun Pluto Lengser, Planet Kesembilan Baru Kini Ditemukan

Kompas.com - 21/01/2016, 13:25 WIB
Planet ke sembilan mungkin menghuni tepian tata surya. Ilmuwan Caltech menemukan petunjuknya. CaltechPlanet ke sembilan mungkin menghuni tepian tata surya. Ilmuwan Caltech menemukan petunjuknya.
EditorYunanto Wiji Utomo
KOMPAS.com — Astronom menemukan petunjuk keberadaan planet kesembilan, dan itu bukan Pluto yang dikeluarkan dari posisinya sebagai planet, tahun 2006 lalu. Penemuan ini berpotensi kembali menggoyang kemapanan pemahaman tentang tata surya.

Michael E Brown dan Konstantin Batygin dari California Institute of Technology mengungkap riset yang menunjukkan adanya planet kesembilan itu dalam publikasi di Astrophysical Journal pada Rabu (20/1/2016).

"Kami cukup yakin ada satu lagi planet di luar sana," kata Brown seperti dikutip New York Times, Rabu kemarin.

Brown mengatakan, planet itu memiliki massa 5-10 kali bumi. Dengan massa itu, planet kesembilan pantas disebut sebagai Bumi super atau Neptunus mini.

Letak planet kesembilan itu begitu jauh. Di titik terdekat, jaraknya dengan Matahari mencapai 32 miliar kilometer, sedangkan di titik terjauh 160 miliar kilometer, 200-1.200 kali lebih jauh dari jarak Bumi ke Matahari.

"Mungkin memakan waktu 20.000 tahun untuk melakukan revolusi penuh," kata Batygin seperti dikutip National Geographic.

Jika hidup di planet itu, umur manusia akan terkesan sangat singkat. Taruhlah umur rata-rata manusia di bumi 65 tahun, di planet itu hanya terhitung 0,00325 tahun.

Kisah penemuan petunjuk

Penemuan yang berpotensi memicu penulisan ulang anggota tata surya itu sebenarnya bermula dari pesimisme. Brown dan Batygin tak yakin ada planet kesembilan.

Tahun 2014, Scott Sheppard dari Carnegie Institution of Science dan Chad Trujillo dari Gemini Observatory di Hawaii memublikasikan makalah yang mengungkap kemungkinan adanya planet kesembilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X