Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Sperma Saat Ejakulasi, Masalah Apa?

Kompas.com - 21/01/2016, 12:19 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah infertilitas atau ketidaksuburan tidak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga pria. Pada pria, infertilitas umumnya berasal dari faktor sperma.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Pondok Indah Yassin Yanuar MIB mengatakan, ada berbagai kemungkinan yang membuat sperma tidak mampu membuahi sel telur. Salah satunya karena memang tidak ada sel sperma saat ejakulasi.

"Pria ejakulasi, tapi enggak ada sperma. Sperma tidak bisa ditemukan, itu bisa jadi salah satu gangguan sperma berat azoospermia," jelas Yassin dalam diskusi di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Gangguan sperma bisa menjadi salah satu bagian yang diperhatikan dokter kandungan untuk mengatasi masalah kesuburan pasangan suami istri. Jika pria mengalami azoospermia atau sperma kosong, dokter kandungan akan berkoordinasi dengan dokter urologi untuk mencari tahu penyebabnya.

Yassin menambahkan, gangguan sperma bisa berasal dari "pabrik" sperma, distribusinya, hingga sel sperma itu sendiri.

"Kalau ada bagian yang tersumbat, jumlah sperma bisa jadi rendah. Kalau lihat bentuknya, misalnya ada yang kepalanya dua, sperma yang rusak jadi enggak bisa masuk menembus sel telur. Ada juga sperma yang berenangnya lambat," jelas Yassin.

Gangguan pada sperma itulah yang menyebabkan infertilitas pada pria. Adapun faktor risiko rusaknya sperma antara lain, kebiasaan merokok hingga organ vital sering terpapar panas.

Dokter biasanya akan meminta pasien menerapkan gaya hidup sehat terlebih dahulu untuk mendapati sperma yang sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com