Cara Mudah Kurangi Porsi Makan

Kompas.com - 21/01/2016, 07:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Selain rutin berolahraga, mengurangi kalori harian seringkali menjadi hal yang menantang untuk program penurunan berat badan. Berita baiknya, menurunkan kalori makan sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah, tanpa perlu berhenti ngemil atau meninggalkan makan favorit yang cenderung berlemak misalnya. Berikut 5 tip dari para ahli.


1. Makan snack menggunakan piring, bukan dari bungkusnya.

“Melihat” adalah kunci penting dalam menjaga porsi makan. Makan snack langsung dari bungkusnya menghilangkan kesempatan Anda untuk melihat berapa keping camilan yang sudah masuk di mulut, sehingga tanpa sadar Anda sudah memakan dalam jumlah banyak.

Sebaliknya, memindahkan snack dalam sebuah piring datar akan membuatnya tampak seperti sebuah menu utama. Sehingga secara psikologis Anda akan dibuat puas, mudah kenyang, bahkan ingin berhenti walau kepingan snack masih banyak.


2. 
Gunakan piring kecil.

Banyak studi yang telah membuktikan, bahwa makan menu utama dari piring yang lebih kecil bisa membantu seseorang mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Menurut analisis terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of the Association for Consumer Research, mengurangi diameter piring sebesar 30 persen akan mengurangi jumlah makanan yang dimakan sejumlah 30 persen. Jadi, saatnya sediakan piring favorit baru dengan diameter lebih kecil untuk makan sehari-hari.


3. 
Nuansa biru.

Dalam satu percobaan, peneliti menemukan bahwa orang cenderung makan lebih banyak bila menggunakan piring dengan warna senada dengan makanan. Misalnya, menggunakan piring putih untuk makan nasi atau piring merah untuk makan pasta saus tomat.

Ini membuat para ahli diet sering merekomendasikan kliennya untuk menggunakan piring biru, karena tidak banyak makanan berwarna biru.

Menurut mereka, warna biru akan membuat makanan terlihat banyak walaupun sebenarnya tidak. Berkebalikan dengan piring putih atau merah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X