Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2016, 08:58 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Secangkir kopi di pagi hari dengan sepotong roti bakar bisa jadi menu pembuka sebelum memulai aktivitas. Tak perlu butuh waktu lama, cukup 30 menit Anda mendapatkan banyak manfaatnya.

Secangkir kopi hitam pahit dapat memberikan pengaruh cukup besar bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Hanya, untuk mendapatkan manfaatnya, kopi harus dinikmati secara murni atau tanpa campuran apapun, seperti gula atau susu.

Pada dasarnya, kopi murni memiliki dampak yang baik bagi kesehatanan. Sebaliknya, mencampurkannya dengan gula atau susu malah akan memberikan efek tidak baik bagi tubuh.

Dikutip dari hasil penelitian National Cancer Institute (NCI) pada Mei 2012 silam, Neal Freedman dari divisi Epidemiologi Kanker dan Genetika, NCI, bersama rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap 400 ribu pria dan wanita dewasa di Amerika Serikat, mengenai pengaruh antara minum kopi dan risiko kematian.

Hasilnya, peminum kopi cenderung tidak meninggal karena beberapa penyakit, seperti jantung, penyakit pernafasan, stroke, diabetes, infeksi dan kanker. Hasil ini berbanding terbalik dengan studi lainnya mengenai risiko kematian akibat merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Berikut ini manfaat yang dapat Anda nikmati saat menikmati secangkir kopi murni.

Shutterstock Ilustrasi
Manfaat bagi kesehatan

Seperti diketahui dari hasil penelitian tersebut bahwa kopi berdampak positif untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi kopi diyakini dapat menurunan risiko penyakit kanker lever, kanker payudara, insulin atau estrogen, kanker prostat dan penyakit obesitas.

Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi kopi setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah mengidap batu ginjal. Bahkan, bagi wanita penikmat kopi akan memiliki 15 persen risiko lebih kecil terkena depresi.

Bahkan, penyakit diabetes yang identik dengan manis dapat terhindar dari diabetes tipe 2 sebanyak 50 persen bila mengkonsumsi kopi. Dengan catatan kopi tersebut murni dan bukan olahan yang dicampur dengan pemanis.

Maka dari itu, Anda tak perlu berlebihan bila ingin mendapatkan manfaat dari minuman berwarna hitam dengan rasa pahit ini. Cukup dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari, Anda bisa menurunkan risiko beberapa penyakit.

Thinkstock Gaya hidup on time mampu meningkatkan kualitas hidup lebih baik
Manfaatkan waktu

Manfaat lain menikmati kopi di pagi hari adalah rasa rileks sebelum memulai berbagai aktivitas. Selain itu, kandungan kafeinnya dapat membantu Anda untuk terjaga selama beraktivitas. Karena itulah, tak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu 30 menit setiap pagi.

Aktivitas lain, seperti membaca media informasi ataupun melihat status Instagram teman bisa Anda jadikan teman ngopi. Yang terpenting, manfaatkan waktu seefisien mungkin. Bila memiliki jadwal padat hari ini, mulailah membuat daftar prioritas pekerjaan Anda, seperti menyelesaikan peoyek atau bertemu rekanan bisnis.

Setelah menemukan skala prioritas itu, jangan lupa mencatatnya pada gadget Anda. Memang, terkadang Anda tak sadar jika semalam lupa mengisi daya sehingga baterai ponsel lemah sehingga perlu segera melakukan pengisian daya baterai.

Tak perlu khawatir memakan waktu lama. Saat ini, adanya teknologi flash charging sepertipada smartphone Oppo R7s, urusan charging bukan perkara merepotkan. Meski baru lima menit mengisi daya, Anda sudah dapat melakukan panggilan telepon hingga dua jam. 

Untuk itu, waktu 30 menit tak terasa, jika sambil menikmati secangkir kopi Anda bisa mengisi bateri ponsel Anda. Baterai pun sudah terisi hingga 75 persen. Dengan demikian, momen pagi hari dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan lainnya saat bersantai sambil menyeruput kopi hitam Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com