Kompas.com - 10/12/2015, 11:05 WIB
File foto tertanggal 3 Oktober 2006 menunjukkan kuil Templo Mayor di Mexico City. AP Photo/ Claudio CruzFile foto tertanggal 3 Oktober 2006 menunjukkan kuil Templo Mayor di Mexico City.
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Di jantung Kota Meksiko modern terletak sebuah kuil Aztec besar yang dikenal sebagai Templo Mayor. Kuil ini pernah dianggap sebagai pusat suci ibu kota kekaisaran pra-Kolombia, Tenochtitlán.

Siap menyangka, pada 2013, mimbar upacara dan dua kamar tersegel ditemukan di bawah bangunan di kuil tersebut.

Arkeolog percaya bahwa mereka mungkin memiliki kesempatan untuk mengungkap misteri yang telah membingungkan selama berabad-abad dengan mengungkap makam dari beberapa raja besar Aztec.

Eksplorasi terowongan tersembunyi yang mengarah ke kamar-kamar misterius itu pun telah dilakukan para peneliti.

Mereka menemukan sebuah lorong yang mengarah ke struktur melingkar yang menyerupai Cuauhxicalco, ruang ritual yang, menurut laporan kuno, digunakan untuk membakar mayat penguasa Aztec.

Ruangan ini didampingi oleh dua pintu yang disegel yang diduga berfungsi untuk menjaga ruang pemakaman penguasa tersebut.

Saat mengumumkan penemuan, peneliti Leonardo Lopez Lujan menjelaskan bahwa Cuauhxicalco merupakan struktur berkarakter penguburan.

"Jadi, kita bisa berspekulasi bahwa di balik dinding ini mungkin ada dua kamar kecil yang berisi sisa-sisa pembakaran jasad beberapa pemimpin," ujarnya.

Menurut Lujan, jika dilihat berdasarkan usia candi, para peneliti percaya bahwa setiap makam yang ditemukan di sini bisa menjadi milik beberapa penguasa awal Aztec, termasuk Montezuma I, yang memerintah pada periode 1440-1469.

Namun, arkeolog meminta masyarakat untuk tidak terlalu bersemangat dulu karena penggalian ruang ini tidak akan dimulai sampai tahun depan. Artinya, sampai saat ini, isinya masih menjadi spekulasi banyak orang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.