Kompas.com - 05/12/2015, 21:57 WIB
UNFCCC COP 21 www.diplomate.gov.frUNFCCC COP 21
|
EditorHeru Margianto
PARIS, KOMPAS.com – Sebanyak tujuh juta manusia terancam meninggal setiap tahun akibat perubahan iklim dunia. Dunia didesak untuk melakukan tindakan serius menangani ancaman ini.

Demikian hasil studi The Lancet, jurnal medis terkemuka di dunia, yang dipublikasikan di sela-sela Konferensi Perubahan Iklim ke-21 di Paris, Perancis, Jumat, (4/12/2015).

Hasil studi tersebut mendorong aliansi dokter, perawat, dan tenaga profesional kesehatan di seluruh dunia mendeklarasikan Gerakan Perubahan Iklim untuk Kesehatan Dunia.

Aliansi ini menaungi 1.700 tenaga kesehatan, 8.200 rumah sakit, dan 13 juta tenaga kesehatan professional yang tersebar di seluruh dunia.

Menanggapi laporan tersebut, Direktur Jenderal WHO Margaret Chan, mendorong para kepala negara yang hadir dalam konferensi untuk menghasilkan kesepakatan nyata mengenai perbaikan lingkungan.

“Perubahan Iklim, membawa konsekuensi dampak terhadap kesehatan, harus ada yang dilakukan sekarang, untuk masa depan kemanusiaan,” kata Margaret.

Efisiensi

Sementara, CEO Gunderson Health System, Jeff Thomson, mengemukakan, banyak organisasi-organisasi di seluruh dunia telah mampu meningkatkan kesehatan pasien dan masyarakat. Organisasi-organisasi tersebut juga mampu melakukan efisiensi di bidang perawatan.

"Sebagai pemimpin kesehatan kita memiliki dua kewajiban moral yaitu menjaga lingkungan kita dan tanggung jawab ekonomi untuk melakukannya dalam cara yang efisien dan hemat biaya," ujar dia.

Sistem kesehatan Gundersen, kata dia, telah mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 80 persen hanya dalam tujuh tahun dan menghemat jutaan dolar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.