6 Tahun Setelah Diselundupkan, 14 Orangutan Kembali ke Kampung Halaman

Kompas.com - 12/11/2015, 19:28 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menyambut salh satu dari 14 orangutan kembali ke Indonesia. Yunanto Wiji UtomoMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menyambut salh satu dari 14 orangutan kembali ke Indonesia.
|
EditorYunanto Wiji Utomo
KOMPAS.com - Enam tahun dibawa secara ilegal, 12 orangutan kini kembali ke kampung halaman. Mereka tiba di bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pada Kamis (12/11/2015) sekitar pukul 15.00 WIB.

Satu orangutan diturunkan bersama "kandangnya" dari pesawat untuk diperlihatkan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, pejabat TNI Angkatan Udara, Kementerian Luar Negeri, dan lainnya.

Sang orangutan mengulurkan tangan saat diberi pisang. Sesekali, dia juga mengintip ke luar untuk kemudian bergerak-gerak hingga kandang bergoyang.

Di samping orangutan yang mungkin tak sabar ingin lepas liar itu, Situ Nurbaya menyebut, "kepulangan orangutan ini adalah wujud komitmen kita untuk melindungi satwa liar."

Indonesia sebelumnya pernah memulangkan orangutan yang diselundupkan. Sejumlah 48 dipulangkan pada tahun 2007 serta 6 lagi pada tahun 2008.

Orangutan yang kembali dari Thailand ini diselundupkan dari Sumatera dan Kalimantan. Tertangkap ketika mencapai Thailand, orangutan tersebut lantas dipelihara di balai konservasi Ratchaburi.

Sejatinya, jumlah orangutan yang diselundupkan 13.

Kawanan orangutan itu harus sedih karena 1 diantaranya mati. Namun, mereka juga akhirnya gembira karena ada 2 bayi yang lahir.

"Jadi yang pulang ke Indonesia ada 14," ungkap Siti Nurbaya dalam sambutannya.

Dari empat belas orangutan yang kembali, satu dipercaya berasal dari Sumatera dan 13 dari Kalimantan. Ada 9 jantan di mana 1 adalah bayi serta ada 5 betina yang satu diantaranya masih anak-anak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X