Makan di Rumah Efektif Mencegah Diabetes

Kompas.com - 09/11/2015, 14:05 WIB
makan bersama shutterstockmakan bersama
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Masak sendiri di rumah adalah cara efektif untuk memerangi kenaikan gula darah dan berat badan. Ujungnya, makan di rumah memerangi diabetes.

Hampir 30 juta orang di Amerika Serikat atau sekitar sembilan persen menderita diabetes. Kebanyakan dari mereka menderita diabetes tipe 2 yang terjadi ketika tubuh tak lagi mampu mengatasi kelebihan gula dalam tubuh.

Kegemukan adalah pemicu terjadinya diabetes tipe 2. Peneliti pada pertemuan American Heart Association di Orlando, Florida melaporkan satu cara mengatasi kegemukan dan diabetes adalah dengan memasak sendiri di rumah.

"Kami tahu makan di luar ada hubungannya dengan kualitas pola makan rendah dan tingkat kegemukan lebih tinggi pada remaja muda juga resistensi insulin dan kadar trigliserida tinggi," kata Geng Zong dari Harvard T.H. Chan School of Public Health pada konferensi media mendiskusikan hasil pertemuan. Ia dan rekan-rekannya ingin melihat efek yang sama terjadi pada kaum dewasa.

Masak sendiri di rumah, kata Zong, menghindarkan banyak bahan tak perlu dan lemak tak sehat yang digunakan pada restoran dan jaringan restoran cepat saji. Riset itu memakai data dari Nurses Health Study dan Health Professionals Follow-Up Study yang menanyakan 90 ribu pria dan wanita mengenai kebiasaan makan siang dan malam lebih dari tiga dekade.

Mereka yang melaporkan makan dua kali di rumah setiap hari, rata-rata berisiko lebih rendah 13 persen terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari enam kali setiap minggu di rumah.

Sebagian alasan risiko lebih rendah itu, karena makan di rumah tak menaikkan berat badan selama periode penelitian dibandingkan dengan yang makan di luar. Mungkin juga orang yang makan di rumah minum lebih sedikit soda manis selama makan. Hal ini menyebabkan penurunan risiko resistensi insulin dan diabetes.

Penelitian ini menemukan bahwa menyiapkan makanan di rumah merupakan langkah awal menurunkan risiko diabetes dan jika masak di rumah tidak mungkin, disarankan untuk tidak makan di restoran cepat saji. Sebisa mungkin pilihlah makanan yang sehat.

Zong mengatakan manfaat makan di rumah punya keterbatasan. "Bila ibu benar-benar pandai memasak, Anda perlu hati-hati mengasup asupan makanan," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TIME.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X