Manfaat Olahraga Muaythai untuk Wanita

Kompas.com - 01/10/2015, 12:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Meski awalnya muaythai atau thai boxing lebih dikenal sebagai olahraga bela diri, belakangan ini semakin banyak kaum hawa yang memilih olahraga "perkasa" ini untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Muaythai berasal dari Thailand pada 1000 tahun yang lalu. Olahraga yang menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot ini mulanya memang identik dengan unsur kekerasan. Namun, seiring waktu, olahraga ini mulai menggunakan pengaman, seperti helm atau sarung tinju, dan ada aturan yang jelas untuk keselamatan.

Faktor lain yang sekarang membuat banyak wanita tertarik untuk berlatih muaythai adalah manfaatnya yang besar untuk menurunkan berat badan.

Gerakan-gerakan dalam muaythai memakai teknik yang membuat seluruh bagian tubuh ikut bergerak. Bagian tubuh, seperti kaki, kepalan tangan, lutut, dan sikut, sangat aktif saat melakukan latihan ini.

Variasi gerakan-gerakannya dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskular sekaligus membantuk otot sehingga tubuh lebih ramping.

Membakar kalori lebih cepat memang tujuan utama banyak wanita melakukan latihan muaythai. Bonus lain yang didapat antara lain tubuh lebih ramping dan kencang serta tentu saja meningkatkan kewaspadaan dan refleks untuk melindungi diri.

Meski demikian, olahraga ini tergolong berat dan menguras tenaga sehingga harus dilakukan berhati-hati untuk mencegah cedera. Pilih pelatih yang berpengalaman untuk mengajarkan teknik yang benar agar terhindar dari cedera. Lakukan pemanasan secara cukup untuk mempersiapkan tubuh. Demikian pula setelah berlatih, lakukan pendinginan. (Muthia Zulfa)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X