Terungkap, Satelit LAPAN A2/ORARI Punya "Teman Seangkatan" ke Antariksa

Kompas.com - 28/09/2015, 08:00 WIB
Satelit LAPAN A-2 SkyrocketSatelit LAPAN A-2
EditorYunanto Wiji Utomo
KOMPAS.com - Satelit LAPAN A2/ORARI akan meluncur ke antariksa pada Senin (28/9/2015) sekitar pukul 11.30 WIB. Menunggang roket milik negeri Mahatma Gandhi, LAPAN A2/ORARI tak akan sendiri.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, "LAPAN A2/ORARI akan diluncurkan bersama 6 satelit lain."

Thomas menjelaskan, roket PSLV (Polar Satellite Launch Vehicle)-C30 milik India akan membawa total 7 satelit. Muatan utama roket adalah satelit astronomi pertama India, Astrosat. Bobot satelit itu 1,5 ton.

Sementara, satelit piggyback lain adalah LAPAN A2/ORARI seberat 78 kilogram milik Indonesia, ExactView 9 seberat 5,5 kilogram milik Kanada, serta Lemur 2, 3, 4, dan 5 milik Amerika Serikat dengan berat masing-masing 4 kilogram.

"Ternyata semua satelit piggyback adalah satelit maritim. Semua satelit termasuk milik Indonesia punya instrumen AIS (Automatic Identification System)," kata Thomas.

Untuk LAPAN/A2 ORARI, instrumen AIS berfungsi untuk mengawasi perairan Indonesia dengan rentang jarak 2.000 kilometer, memantau kapal-kapal yang bergerak di lautan Tanah Air.

Dengan fungsi itu, LAPAN A2/ORARI akan membantu pemerintah memberantas praktik perikanan ilegal serta misi eksplorasi sumber daya laut.

Setelah diluncurkan, LAPAN A2/ORARI akan menunggang PSLV-C30 selama sekitar 21,93 menit. Hingga pada ketinggian 650 kilometer dari permukaan bumi, satelit itu akan dilepaskan.

Pelepasan LAPAN A2/ORARI berada pada urutan kedua, setelah Astrosat. Pelepasan akan berlangsung sekitar 1 menit setelah roket dan satelit berada pada ketinggian orbit.

Begitu lepas, satelit tersebut akan hidup mandiri dengan bantuan panel surya untuk mendapatkan energi dari matahari. Tim LAPAN sendiri kemudian akan sibuk melacak keberadaan satelit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X