Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geledah Data Misi Apollo, Ilmuwan Ungkap 210 Gempa Misterius di Bulan

Kompas.com - 27/09/2015, 20:17 WIB
KOMPAS.com - Hasil misi pendaratan bulan yang selama ini tersembunyi terungkap. Analisis data yang dihasilkan misi Apollo oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkap bahwa bulan juga mengalami gempa seperti bumi, tapi ragam dan sebabnya berbeda.

Saat mendarat di bulan pada tahun 1969 lewat misi Apollo 11, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin membawa perlengkapan deteksi aktivitas seismik. Buzz Aldrin memasang peralatan itu dan manusia untuk pertama kali mengetahui bahwa bulan juga mengalami tremor atau getaran seperti bumi.

NASA lewat misi Apollo selanjutnya membangun stasiun seismik di bulan. Stasiun tersebut mulai beroperasi pada tahun 1972. Hingga beberapa jam sebelum dinonaktifkan tahun 1977, stasiun itu terus mengirim data getaran atau tremor yang terjadi di bulan ke bumi.

Hasil analisis sebelumnya mengonfirmasi bahwa getaran itu merupakan gempa bulan. Awalnya, ada 28 peristiwa gempa yang terdeteksi, beberapa diantaranya bermagnitudo lebih dari 5,5. Gempanya sendiri beragam, ada gempa dalam dengan kedalaman pusat gempa lebih dari 700 km, gempa dangkal, gempa akibat meteor, dan gempa akibat suhu panas yang membuat kerak bulan memuai.

Baru-baru ini, Dr. Brigitte Knapmeyer-Endrun dan tim dari Max Planck Institute for Solar System Research menganalisis ulang data tremor dari misi Apollo itu dengan alogaritma yang dikembangkannya. "Alogaritma ini mampu mendeteksi peristiwa langka dan yang sebelumnya belum teridentifikasi," katanya.

Dengan alogaritmanya, Knapmeyer-Endrun berhasil mengidentifikasi 13.000 peristiwa gempa di bulan. Selain itu, seperti diberitakan Daily Mail, Jumat (25/9/2015), Knapmeyer-Endrun juga berhasil mengungkap 210 peristiwa gempa yang sebelumnya tak terdeteksi.

Knapmeyer-Endrun mengatakan, pengembangan alogaritma ini sangat berguna bagi misi antariksa masa depan. NASA hendak mengembangkan seismometer lewai InSight Lander di Mars. Alogaritma itu bisa berfungsi untuk mendeteksi sejumlah kejadian gempa menarik - bila ada - dengan segera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com