Badai di Irlandia "Mengekskavasi" Fosil yang Terkubur di Bawah Pohon

Kompas.com - 14/09/2015, 22:20 WIB
KOMPAS.com - Fosil manusia yang hidup pada abad ke-11 "terekskavasi" dengan cara tak biasa. Bukan digali oleh arkeolog, fosil itu "digali" oleh badai yang mencabut pohon besar seakar-akarnya. Fosil yang berada persis di bawah pohon itu pun langsung terkuak.

Badai yang menghantam Collooney, Co Sligo, Irlandia, itu membuat fosil itu terkuak sebenarnya sudah terjadi tahun lalu tetapi ilmuwan baru menyadari keberadaan fosil baru-baru ini. Arkeolog mengetahui adanya fosil setelah mengamati sebuah pohon berusia 200 tahun yang rubuh memperlihatkan akar besarnya.

"Bagian atas dari kerangka terangkat ke atas dan berada di dalam sistem akar. Namun demikian, bagian bawahnya tetap berada di dalam tanah. Secara efektif ketika pohon rubuh, fosil terpisah menjadi dua," kata Marion Down, arkeolog Sligo-Leitrim Archaeological Services.

Analisis yang dilakukan oleh Linda Lynch, seorang pakar tulang, mengungkap bahwa fosil itu adalah seorang laki-laki yang kira-kira hidup antara tahun 1030 - 1200 Masehi. Usianya antara 17-20 tahun ketika mati. Tingginya sekitar 178 centimeter, lebih tinggi dari rata-rata tinggi manusia masa itu, 170 centimeter.

Gangguan pada tulang belakang menunjukkan bahwa laki-laki itu menjadi buruh sejak kecil. "Kami tak tahu apakah dia mati dalam pertempuran atau karena perselisihan pribadi yang berujung pada kematian," kata Down seperti dikutip The Irish Times, Minggu (13/9/2015).

Meski begitu, adanya kerusakan pada tulang dada yang kemungkinan bekas tusukan pisau menunjukkan bahwa remaja itu mungkin mati karena kalah dengan lawannya. "Kuburan ini memberi petujuk tentang kehidupan dan kematian tragis seorang remaja di Sligo pada masa pertengahan, ungkap Dowd.