Makanan Sehat yang Membuat Gigi Sakit

Kompas.com - 25/08/2015, 13:30 WIB
Ilustrasi air lemon SHUTTERSTOCKIlustrasi air lemon
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ada beberapa makanan yang jelas akan mengganggu senyum Anda, yaitu soda, permen, dan minuman berenergi, semua makanan tersebut kaya akan gula, salah satu makanan utama penyebab gigi berlubang.

“Gula adalah karbohidrat yang lengket,” ujar Jennifer Jablow, D.D.S., dokter gigi kosmetik di New York. “Bakteri akan menangkapnya dan memproduksinya menjadi asam.”  Efeknya, mineral dari warna putih mutiara gigi akan terserap keluar, sehingga mengikis enamel Anda.

Merasa sudah menghindari berbagai makanan dan minuman yang diperkaya gula? Jangan senang dulu, ini belum berarti senyum Anda aman dari gangguan. Pasalnya, beberapa makanan sehat berikut ternyata juga bisa merusak gigi Anda.

Buah-buahan asam

Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk sangat penting untuk menjaga kolagen dalam gusi Anda, tapi makan buah jeruk berlebihan juga dapat mengganggu keindahan senyum Anda. “Jika asam dari buah bersentuhan secara langsung dengan gigi secara konstan, misalnya Anda makan beberapa buah jeruk dalam sehari, minum air lemon setiap hari, ini dapat mengikis enamel gigi,” ujar Jablow.

Masalahnya adalah, enamel tidak tumbuh kembali. Lemon dan limau adalah jenis jeruk dengan tingkat asam paling tinggi. Bahkan, sebuah studi 2011 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa jus jeruk memiliki kemampuan erosif sama seperti Coca Cola.

Perbaiki dengan: setelah makan buah jeruk atau minus jus jeruk, langsung minum air segelas tinggi. Dua puluh menit kemudian sikat gigi Anda. “Namun hati-hati, sesaat setelah mengonsumsi jeruk, gigi Anda akan melunak, sehingga emnyikatnya dnegan keras dapat mengikis enamel gigi,” Jablow memperingatkan.

Kacang Almond

Kacang ini memang tinggi vitamin E dan kaya lemak sehat yang akan membuat Anda kenyang. Sayangnya, ini sangat keras untuk gigi Anda. “Butuh gigitan kuat untuk memotongnya, dan sebagai hasilnya bukan tidak mungkin akan membuat gigi Anda patah,” ujar Jablow.

Perbaiki dengan: Hindari mengonsumsi almond utuh, pilih almond yang sudah dalam bentuk irisan. Dengan begitu, gigi Anda tak berusaha terlalu keras dan mengurangi kemungkinan kerusakan gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X