Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pertanian di Luar Angkasa Dimakan untuk Pertama Kali

Kompas.com - 14/08/2015, 12:10 WIB
KOMPAS.com — Tiga astronot yang kini berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yaitu Scott Kelly, Kjell Lindgren, dan Kimiya Yui, menjadi manusia pertama yang memakan sayuran yang ditumbuhkan di antariksa.

Senin (10/8/2015), para astronot menyiarkan lewat webcast bagaimana mereka memakan selada merah dengan dressing minyak dan cuka, layaknya memakan salad.

"Ini adalah gigitan pertama manusia, satu lompatan besar bagi #NASAVEGIE and #JourneytoMars kita. #YearsinSpace," demikian tweet Kelly seusai menggigit selada merah.

Astronot di ISS memang telah lama bereksperimen untuk bertani di antariksa. Di ISS, terdapat modul pertanian yang dikenal dengan nama Veggie.

Sekian lama hanya menjadi eksperimen, sayuran hasil pertanian di luar angkasa akhirnya dinyatakan bisa dimakan setelah sejumlah riset keamanan dilakukan.

Bagaimana rasa sayuran hasil pertanian di antariksa? "Rasanya seperti arugula," kata Kelly. Sementara Lingren mengatakan, "Segar!"

Sebelum memakan, seperti diberitakan Universe Today, Senin, astronot memetik sayuran dan menaruhnya di antara tisu dengan asam sitrat terlebih dahulu. Tujuannya untuk sterilisasi.

Keberhasilan menumbuhkan sayuran di luar angkasa sebagai bahan makanan memang lompatan besar. Itu akan mendukung misi manusia mengarungi luar angkasa.

"Jika kita akan ke Mars suatu hari, dan kita pasti ke sana. Kita akan memiliki pesawat luar angkasa yang lebih berkelanjutan dalam suplai makanannya," kata Kelly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com