"Marine Techno Park" di Penajam Akan Menjadi Puspiptek Kedua di Nusantara

Kompas.com - 06/08/2015, 16:53 WIB
Peta lokasi Marine Techno Park di Penajam Tribun KaltimPeta lokasi Marine Techno Park di Penajam
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com
- Gagasan pembangunan Marine Techno Park di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, bakal segera direalisasikan. Angan-angan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Marine Techno Park itu akan menjadi kawasan pusat penelitian baru di Indonesia.

"Jadi akan menjadi Puspiptek (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologui) kedua di Indonesia," kata Muhammad Dimyati, Direktur Jenderal Riset dan Pengembangan di Kemenristekdikti).

Puspiptek kedua itu akan menempati lahan seluas 100 hektar. Hingga kini, telah ada 40 hektar lahan yang dibebaskan untuk tujuan pembangunannya. Maritime Techno Park di Penajam sendiri akan menjadi science and technology park terbesar di antara 100 lainnya yang direncanakan pemerintah.

Agus Puji, Staf Ahli Menteri bidang Relevansi dan Produktivitas, mengungkapkan bahwa pusat-pusat penelitian yang dibangun di Penajam akan fokus pada bidang kelautan tetapi berbeda dengan pusat riset yang telah ada.

"Kita sekarang sudah punya lab hidrodinamika di ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), lab rumput laut, dan lab sistem tangkap ikan. Nanti pusat penelitian di Penajam akan mengolah hasil-hasil riset lab itu," kata Agus saat ditemui di sela konferensi pers Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada Kamis (6/8/2015).

"Bukan cost center tapi profit center," kata Agus. Dalam arti, pusat riset itu akan mematangkan riset-riset dasar yang sudah dihasilkan lembaga penelitian lain sehingga menjadi produk atau hasil yang sudah siap dimanfaatkan oleh industri.

Belum jelas kapan Marine Techno Park itu mulai dibangun dan beroperasi. Namun, Agus menjanjikan, pusat riset itu akan mampu menggerakkan kemandirian bangsa dalam iptek. Ia juga mengatakan bahwa pembangunannya akan memperhatikan aspek lingkungan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X