Acuan Aman Memilih "Box" untuk Sepeda Motor

Kompas.com - 06/08/2015, 10:29 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan
Jakarta, Otomania - Minimnya ruang bagasi pada sepeda motor, membuat biker memilih menggunakan box tambahan. Upaya ini dilakukan untuk menampung keperluan serta perlengkapan berkendara, terlebih bagi motor-motor yang memang tidak punya bagasi di balik joknya.

Bicara box penyimpanan, banyak model dan tipe yang ditawarkan, ukuran dan dimensinya juga bisa dipilih tergantung selera. Tapi kecendrungan untuk memilih ukuran box yang sesuai dengan motor masih kurang.

Hal ini pun diutarakan oleh Herman Carnopy, Supervisor dari Motoritz di Jalan Mahakam, Bulungan, Jakarta Selatan. Herman mengatakan bahwa banyak biker yang hanya berpatokan pada sisi keperluannya saja, seperti memilih box dengan dimensi dan kapasitas liter yang besar dengan asumsi agar bisa menampung banyak barang tanpa memikirkan aspek estetika dan safety.

"Memakai box harus disesuaikan dengan jenis motornya. Terlalu besar bisa mengangu kestabilan motor, dan berbahaya karena menyebabkan pandangan kebelakang berkurang," ucap pria yang akrab di sapa Novy kepada Otomania, (5/8/2015).

Menurutnya, saat akan memasang box hal pertama yang harus dilakukan adalah memikirikan fungsinya, dari sini ukuran bisa disesuaikan. Saat memasang box hal utama yang wajib untuk diperhatikan adalah dimensi box tidak boleh lebih lebar dari dimensi setang kendaraan.

Stanly/Otomania Piliahan Box motor harus sesuai dengan tipe kendaraan.
"Ini menyangkut soal safety. Kalau box terlalu panjang, otomatis akan menghalangi pandangan spion ke arah belakang alias blind spoot dan menyusahkan untuk bermanuver," ucap Novy.

Umumnya, lanjut Novy, untuk motor matik dan menggunakan kapasitas 26 sampai 35 liter masih aman, sedangkan untuk motor laki bisa lebih. Dan biasakan untuk tidak membawa barang terlalu berat, karena bisa mengurangi stabilitas sepeda motor. Kalau untuk GIVI biasanya kapasitas maksimal sampai 45 kl, lebih dari itu tidak disarankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.