Bagaimana Semut Kecil Membawa Beban Besar?

Kompas.com - 30/07/2015, 20:06 WIB

KOMPAS.com — Para ilmuwan di Israel menemukan bagaimana semut bekerja sama untuk memindahkan makanan dalam ukuran besar ke sarang mereka.

Kelompok semut dalam jumlah besar mengangkat benda yang berat, tetapi sepertinya mereka kurang dapat mengatur arah. Sejumlah kecil "pencari jalan" kemudian campur tangan dan "menyetir" untuk sementara waktu.

Binatang ini sepertinya memiliki keseimbangan sempurna secara matematis antara invidualisme dan konformisme. Demikian kata para peneliti.

Temuan ini didapat dengan menganalisis video semut yang membawa makanan berukuran besar, termasuk sereal Cheerios.

Kajian yang diterbitkan di jurnal Nature Communications tersebut menggunakan spesies yang sangat umum, semut longhorn crazy.

Nama spesies ini mengacu kepada cara binatang kecil ini bergerak yang sering kali berubah arah secara tiba-tiba.

Namun, temuan baru ini mengisyaratkan kekacauan arah perilaku semut tersebut sebenarnya sangatlah diatur.

"Kelompok semut itu dibentuk untuk menjadi sangat peka terhadap pimpinan mereka," kata penulis laporan Dr Ofer Feinerman, ahli fisika pada Weizmann Institute of Science di Rehovot.