Tiongkok Sukses Luncurkan Dua Satelit Navigasi "Tandingan GPS"

Kompas.com - 27/07/2015, 10:25 WIB
Roket yang membawa dua satelit navigasi sukses diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, di Provinsi Sichuan, Sabtu (25/7/2015). APRoket yang membawa dua satelit navigasi sukses diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, di Provinsi Sichuan, Sabtu (25/7/2015).
EditorTri Wahono


Tiongkok sukses meluncurkan dua buah satelit ke antariksa yang merupakan bagian dari jaringan satelit navigasi darat, laut, dan udara. Jaringan satelit itu akan menandingi sistem global positioning system (GPS) milik Amerika Serikat.

Roket yang membawa dua satelit itu diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, di Provinsi Sichuan pada Sabtu (25/7/2015), pukul 20.29 waktu setempat.

Kantor berita Xinhua menyatakan, ini adalah satelit navigasi ke-18 dan ke-19 yang diluncurkan untuk membangun sistem navigasi bernama Beidou.

Cakupan sistem navigasi satelit itu baru meliputi kawasan Asia-Pasifik, tapi lima tahun lagi akan bisa digunakan di seluruh dunia.

Meski baru belasan satelit yang mendukung, sistem navigasi tersebut kini telah digunakan di sejumlah negara Asia lainnya, seperti Laos, Pakistan, dan Thailand.

Sistem navigasi satelit Beidou itu dirancang untuk kepentingan sipil dan pengiriman pesan-pesan elektronik. Namun, jaringan satelit itu juga dilengkapi kemampuan yang bisa digunakan bagi kepentingan militer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X