Kompas.com - 24/07/2015, 04:00 WIB
Periode orbit Kepler 452b sangat mirip dengan Bumi. BBC IndonesiaPeriode orbit Kepler 452b sangat mirip dengan Bumi.
EditorHindra Liauw

KOMPAS.com — Kumpulan planet yang ditemukan teleskop Kepler NASA di antaranya berisi dunia yang memiliki ciri-ciri sama dengan Bumi.

Kepler-452b melakukan orbit pada bintangnya dengan jarak yang sama dengan Bumi terhadap Matahari, meskipun radius planet tersebut 60 persen lebih besar ketimbang Bumi.

Para ilmuwan meyakini, ini adalah planet yang paling mirip Bumi sejauh ini.

Planet seperti ini menarik perhatian para ahli astronomi karena ukurannya cukup kecil dan suhunya cukup dingin untuk menyimpan air di permukaannya sehingga kemungkinan dapat mendukung kehidupan.

Pimpinan bidang ilmu pengetahuan NASA, John Grunsfeld, mengatakan bahwa dunia baru tersebut sejauh ini bisa dikatakan paling mirip dengan Bumi.

Pimpinan analisis data Kepler di Pusat Penelitian Ames NASA di California, Amerika Serikat, John Jenkins, menambahkan, "Ini benar-benar suatu kehormatan,  menyampaikan berita ini kepada Anda hari ini. Ada anak baru di tempat ini yang baru saja pindah ke sebelah."

Dunia baru ini bergabung dengan exoplanet lainnya, seperti Kepler-186f yang punya banyak kesamaan dengan Bumi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.