Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Cinta" di Pluto, Foto Terbaru NASA Mengungkapnya

Kompas.com - 14/07/2015, 22:08 WIB

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto paling detail planet kerdil Pluto. Foto itu merupakan hasil jepretan wahana antariksa New Horizon kala masuk jam-jam terakhir sebelum melintas dekat.

Dalam foto itu, Pluto tampak berbeda dengan yang dibayangkan. Alih-alih berwarna biru seperti Bumi atau abu-abu sebelum bulan dan asteroid, mantan planet tersebut ternyata berwarna merah, menyerupai Mars.

Hasil jepretan New Horizon itu merupakan foto paling detail Pluto. Foto mengungkap adanya "cinta" di Pluto. Ada area yang berbentuk jantung hati yang dikenal dengan "heart of Pluto". Ada juga kawah-kawah dan area ekuator yang tak tampak jelas dalam foto lain.

New Horizon merupakan wahana berbiaya 700 dollar AS yang diluncurkan NASA tahun 2006. Setelah 9,5 tahun, wahana ini akhirnya sampai ke wilayah dekat Pluto. Wahana itu dijadwalkan melintas dekat Pluto pada jarak 12.500 pada Selasa (14/7/2015) pukul 18.49 WIB.

Saat berita ini diturunkan, seharusnya New Horizon sudah sampai di Pluto. Namun, konfirmasi kesuksesan melintas dekat itu baru bisa didapatkan pada Rabu (15/7/2015) sekitar pukul 7 pagi, saat sinyal wahana itu diterima oleh pengontrol misi di Bumi.

Upaya New Horizon melintas dekat Pluto ini gampang-gampang susah. Pluto diselimuti debris komet dan benda langit lain. Peluang tumbukan memang hanya 1 : 10.000 tetapi jika terjadi akan merusak seluruh misi.

Namun seluruh tim misi New Horizon optimis. "Malam ini (waktu Amerika Serikat) kami akan mendapatkan sinyalnya dan kami harus mendapatkan sinyalnya," kata Ralph Semmel, director of the Johns Hopkins Applied Physics Laboratory, anggota tim, dikutip BBC, hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com