Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New Horizon Sebentar Lagi Akan Menjamah Dunia Misterius Pluto

Kompas.com - 14/07/2015, 17:33 WIB

KOMPAS.com — Setelah sembilan setengah tahun mengarungi ruang hampa, wahana antariksa New Horizon akhirnya sampai di salah satu benda langit terjauh di tata surya, planet kerdil Pluto.

Wahana berbiaya 700 juta dollar Amerika Serikat itu bakal melintas sangat dekat dengan planet Pluto, di jarak hanya 12.500 kilometer dari permukaannya.

Foto-foto menarik Pluto pastinya didapatkan. Namun, misi New Horizon bukan hanya Pluto, melainkan juga lima bulannya, yaitu Charon, Styx, Nix, Kerberos, dan Hydra.

"Saya tak sabar melihat data dan menganalisisnya. Sekarang, kami seperti hanya berdiri di air terjun dan melihatnya," kata pemimpin investigasi New Horizon, Alan Stern, dikutip BBC hari ini.

New Horizon yang bergerak dengan kecepatan sekitar 49.800 kilometer per detik diperkirakan akan sampai di Pluto pada Selasa (14/7/2015) ini sekitar pukul 18.49 WIB.

Namun demikian, konfirmasi sampainya New Horizon baru bisa didapatkan sekitar 13 jam kemudian, pada Rabu (15/7/2015) pukul 07.53 WIB.

Misi melintas di dekat Pluto ini terbilang sulit karena New Horizon harus berada di jalur yang tepat sehingga semua misinya tercapai.

Tanpa jalur dan waktu yang tepat, misi New Horizon akan sia-sia karena kemungkinan wahana hanya memotret ruang angkasa yang gelap.

New Horizon harus melewati sebuah "terowongan kunci" yang ukurannya hanya sepanjang 100 kilometer dan selebar 150 kilometer.

Stern mengungkapkan bahwa timnya tidak akan merayakan kesuksesan New Horizon sebelum wahana itu mengirim sinyal ke Bumi tanda sudah sampai.

Misi New Horizon diharapkan mampu menguak wajah dan lingkungan Pluto yang hingga saat ini masih misterius.

Beberapa hari lalu, New Horizon mengungkap adanya "paus", sebuah fitur gelap di ekuator Pluto. Diharapkan, New Horizon mampu mengungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com