Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2015, 19:30 WIB


KOMPAS.com
- Suasana lebaran yang lekat dengan liburan, sering kali membuat kita tergoda untuk menikmati makanan khas daerah dan mencicipi berbagai menu makanan. Inilah yang tanpa disadari menjadi penyebab melonjaknya berat badan selama masa liburan. Bukan hanya berat badan, kadar kolesterol pun cenderung ikut naik.

Menurut seorang fitness trainer, Steve Cook, banyak orang yang merasa sulit bertahan menjalankan gaya hidup sehat selama liburan. Bahkan, untuk melangkahkan kaki menuju tempat berolahraga di dalam hotel pun terasa sulit. Tapi, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kesehatan selama liburan.

 

1. Jalan kaki

Jika Anda tinggal di Jakarta, Anda tentu tahu bahwa sulit untuk menemukan ruang yang nyaman bagi pejalan kaki. Bahkan, tak jaang trotoar untuk pejalan kaki dipenuhi oleh antrian motor-motor yang berusaha melewati padatnya lalu lintas kota. Karena itu, jika kota tempat berlibur Anda termasuk kota yang bebas asap polusi dan nyaman untuk berjalan kaki, nikmatilah. Anda bisa berjalan setiap hari dengan menghirup udara segar.

 

2. Beraktivitas seakan bukan pendatang

Melakukan aktivitas outdoor mungkin tak bisa setiap hari Anda lakukan. Manfaatkan kesempatan ini. Jika jarak tempuh terbilang dekat, pergilah dengan berjalan kaki.  Ini akan membuat tubuh tetap aktif bergerak. Selain berjalan kaki, bersepeda juga bisa jadi pilihan untuk berkeliling kota. Hati senang, tubuh pun sehat. Dengan begitu Anda tetap berolahraga dan menikmati keindahan kota yang ditawarkan.

 

3. Pilih sarapan sehat

Saat bermalam di hotel, Anda akan ditawarkan berbagai menu sarapan. Pilih sarapan yang paling ringan dan sehat, seperti sereal dengan campuran susu dan buah-buahan. Hindari mengonsumsi beberapa menu makanan sekaligus. “Buah-buahan, putih telur, dan sayuran adalah pilihan tepat untuk menambah energi,” ujar Cook.

 

4. Pilih makanan yang tak terlalu berbumbu

Tanpa disadari bumbu-bumbu dalam masakan menandung kalori tinggi, Cook menyarankan untuk memilih makanan yang paling tidak berbumbu. Kalaupun semua masakan berbumbu, hindari mengonsumsinya terlalu banyak, baik jumlah maupun intensitasnya. Jika santap siang Anda dipenuhi dengan makanan berbumbu, pilih salad sayuran untuk menu santap malam.

 

5. Konsumsi karbo sesuai aktivitas

“Saya selalu mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi, jika saya tahu akan beraktivitas. Jadi, kalau di hari ini saya berencana akan berjalan kaki, saya akan mengonsumsi pizza,” kata Cook.

 

Intinya, cobalah untuk menemukan keseimbangan antara menikmati liburan dengan menjaga kesehatan. “Ini tentang bagaimana membuat pilihan sehat di saat Anda dihadapkan dengan kenikmatan, sehingga Anda tidak merasa bersala dan membuat Anda makan lebih banyak karena merasa buruk,” ungkap Cook. Dengan kata lain, cobalah untuk tidak berpikir: “Saya akan kembali berdiet setelah kembali dari liburan.”
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com