Kompas.com - 07/07/2015, 09:51 WIB
Wahana New Horizon memotret Pluto beserta bintik misteriusnya pada 29 Juni 2015 lalu. Hingga kini, ilmuwan belum mampu menjelaskan bintik itu. NASAWahana New Horizon memotret Pluto beserta bintik misteriusnya pada 29 Juni 2015 lalu. Hingga kini, ilmuwan belum mampu menjelaskan bintik itu.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Foto planet Pluto yang diambil oleh wahana antariksa New Horizon memberikan pertanyaan baru bagi para ilmuwan. Ada empat bintik misterius yang terobservasi dari foto tersebut dan hingga kini ilmuwan belum mampu menjelaskannya.

Empat bintik itu masing-masing memiliki diameter sekitar 500 kilometer sementara penyebarannya tidak jelas. Namun demikian, bintik cenderung terletak pada belahan barat Pluto yang sayangnya tak akan dilihat New Horizon saat melintas dekat pada 14 Juli 2015.

"Ini benar-benar teka-teki, kami tak tahu apa bintik itu dan kami tak sabar untuk mengungkapnya," kata Alan Stern dari Southwest Research Institute, pimpinan investigasi New Horizon.

"Yang juga menjadi teka-teki adalah pertanyaan lama tentang perbedaan besar warna Pluto dengan bulannya, Charon, yang lebih gelap dan kelabu," imbuh Stern seperti dikutip BBC pada Jumat (2/7/2015) lalu.

Menurut ilmuwan, bila Pluto dan Charon terbentuk dari peristiwa tumbukan yang sama, seharusnya karakteristik keduanya mirip. Analisis data New Horizon diharapkan mampu memecahkan pertanyaan tentang asal-usul Pluto dan Charon.

New Horizon milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kini tengah mendekati lingkungan Pluto yang terdiri dari satu planet kerdil dan lima bulan. Wahana itu akan mencapai jarak terdekat, 12.500 kilometer dari permukaan Pluto, pada 14 Juli 2015 pukul 18.49 WIB.

Minggu ini, wahana yang diluncurkan pada 19 Januari 2006 itu telah berjarak 5 miliar kilometer dari Bumi. Setelah mencapai titik terdekat, New Horizon bakal mengirim gambar-gambar mengagumkan lagi tentang Pluto.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X