Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Bertenaga Surya Lanjutkan Penerbangan ke Hawaii

Kompas.com - 29/06/2015, 10:52 WIB


KOMPAS.com — Pesawat terbang bertenaga surya, Solar Impulse, kembali melanjutkan perjalanan keliling dunia untuk menuntaskan bagian penerbangan yang dianggap paling sulit. 

Solar Impulse sudah lepas landas dari landasan Bandara Nagoya, Jepang, Senin (29/6/2015) pukul 03.03 waktu setempat, untuk melintasi Samudra Pasifik menuju Hawaii. 

Sebelumnya, penerbangan dari Tiongkok ke Hawaii harus dihentikan di Jepang ketika baru menempuh penerbangan 36 jam karena cuaca yang buruk. 

Upaya Solar Impulse untuk lepas landas pada 24 Juni 2015 juga ditunda karena alasan cuaca buruk.

Kini, pesawat tersebut diperkirakan akan mendarat dalam waktu lima hari lagi di Hawaii sebelum melanjutkan perjalanannya keliling dunia.

Para ahli cuaca memperkirakan kondisi terakhir memungkinkan pesawat yang dilengkapi dengan 17.000 keping sel surya untuk terbang kembali.

Pilot asal Swiss, Andre Borschberg, bertugas menerbangkan Solar Impulse ke Hawaii.
Jika berhasil mendarat di Hawaii, penerbangan itu akan menjadi yang terpanjang yang pernah dilakukan pesawat bertenaga surya dan juga sekaligus penerbangan terpanjang oleh pilot tunggal.

Setelah bagian ini selesai, Solar Impulse akan melanjutkan penerbangan ke Amerika Serikat dan melintasi Samudra Atlantik untuk menuntaskan perjalanan keliling dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com