Kecantikan Aurora Dilihat dari Antariksa Terkuak

Kompas.com - 24/06/2015, 11:14 WIB
Wajah aurora yang dijepret Scott Kelly dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Selasa (23/5/2015). Scott KellyWajah aurora yang dijepret Scott Kelly dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Selasa (23/5/2015).
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Seiring adanya partikel berenergi tinggi yang menghujani Bumi akibat badai Matahari pada Selasa (23/6/2015), aurora tercipta. Partikel berenergi tinggi berinteraksi dengan lapisan magnetosfer Bumi, memicu munculnya cahaya indah di sekitar kutub itu.

Yang istimewa, kali ini, astronot Scott Kelly, yang sedang melaksanakan misi satu tahun tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), berhasil menyuguhkan wajah aurora yang lain dengan biasanya. Lihat tautan ini untuk menyaksikan video aurora itu.

Aurora umumnya dipotret dari permukaan Bumi, tampak sebagai semburat cahaya nun jauh tinggi di langit. Kelly menyuguhkan wajah aurora bila dilihat dari antariksa. Dalam foto-fotonya, aurora tampak seperti tirai merah yang menyelimuti Bumi.

"#Aurora I don't think I will ever see another quite like you again (#Aurora kupikir aku tidak akan melihat yang sepertimu lagi)," demikian kicauan Kelly di media sosial Twitter, Selasa kemarin.

Scott Kelly Wajah aurora dari antariksa dipotret oleh Scott Kelly dari ISS pada Selasa (23/6/2015). Ketika mengunggah foto di Twitter, Kelly berkicau

Aurora biasanya terlihat berwarna kuning hingga hijau. Aurora merah seperti dalam foto Kelly spesial, jarang terlihat karena terjadi pada ketinggian sekitar 320 kilometer dari permukaan Bumi. Saat Kelly mengambil foto, ISS berada pada ketinggian 401 kilometer.

Kelly yang merupakan astronot asal Amerika Serikat adalah salah satu astronot dunia yang ikut serta dalam misi pertama tinggal di ISS selama satu tahun. Sebelumnya, misi antariksa di ISS selalu berdurasi enam bulan.

Fenomena aurora kali ini diakibatkan oleh aktivitas Matahari yang memicu lontaran partikel berenergi tinggi ke Bumi pada Senin (22/6/2015) di Matahari. Selasa dini hari kemarin, partikel berenergi tinggi itu sampai ke Bumi.


Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X