Kompas.com - 24/06/2015, 05:34 WIB
Jenis gurita yang diidentifikasi oleh Stephanie Bush dari Monterey Bay Aquarium Research Institute . Warna merah jambu dan selaput tentakel membuat gurita itu tampak sangat lucu. Youtube/Science FridayJenis gurita yang diidentifikasi oleh Stephanie Bush dari Monterey Bay Aquarium Research Institute . Warna merah jambu dan selaput tentakel membuat gurita itu tampak sangat lucu.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Kalau ada di antara Anda yang ingin membuat film animasi ataupun komik, gurita spesies baru yang dideskripsikan oleh Stephanie Bush dari Monterey Bay Aquarium Research Institute ini mungkin layak jadi tokoh.

Gurita jenis baru ini benar-benar imut. Warna tubuhnya merah jambu. Bagian antar-tentakelnya memiliki selaput, membuatnya tampak seperti balon dan lucu saat bergerak.

Saking lucunya, Bush telah menyiapkan sejumlah nama cantik bagi spesies itu. "Salah satu yang terpikir adalah menamainya Opisthoteuthis adorabilis karena memang sangat lucu," ungkapnya seperti dikutip Huffington Post, Selasa (16/6/2015).

Spesimen gurita lucu itu sebenarnya sudah diambil sejak tahun 1990. Namun, baru akhir-akhir ini ilmuwan punya kesempatan untuk mengidentifikasinya. Selaput antar-tentakel adalah ciri utama jenis itu, membuatnya bisa "melayang" di perairan.

"Hewan ini adalah bagian dari ekosistem laut yang besar," kata Bush. "Untuk memiliki ekosistem yang sehat dan berfungsi, kita perlu memahami ekologi dan perilaku masing-masing spesies," imbuhnya. Simak ulasan spesies gurita itu dalam video berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.