Gurita Paling Imut Sedunia Ditemukan, Beginilah Wajahnya...

Kompas.com - 24/06/2015, 05:34 WIB

KOMPAS.com — Kalau ada di antara Anda yang ingin membuat film animasi ataupun komik, gurita spesies baru yang dideskripsikan oleh Stephanie Bush dari Monterey Bay Aquarium Research Institute ini mungkin layak jadi tokoh.

Gurita jenis baru ini benar-benar imut. Warna tubuhnya merah jambu. Bagian antar-tentakelnya memiliki selaput, membuatnya tampak seperti balon dan lucu saat bergerak.

Saking lucunya, Bush telah menyiapkan sejumlah nama cantik bagi spesies itu. "Salah satu yang terpikir adalah menamainya Opisthoteuthis adorabilis karena memang sangat lucu," ungkapnya seperti dikutip Huffington Post, Selasa (16/6/2015).

Spesimen gurita lucu itu sebenarnya sudah diambil sejak tahun 1990. Namun, baru akhir-akhir ini ilmuwan punya kesempatan untuk mengidentifikasinya. Selaput antar-tentakel adalah ciri utama jenis itu, membuatnya bisa "melayang" di perairan.

"Hewan ini adalah bagian dari ekosistem laut yang besar," kata Bush. "Untuk memiliki ekosistem yang sehat dan berfungsi, kita perlu memahami ekologi dan perilaku masing-masing spesies," imbuhnya. Simak ulasan spesies gurita itu dalam video berikut.