Kompas.com - 23/06/2015, 20:23 WIB
Tengkorak Homo neanderthalensis (kiri) dan tengkorak perempuan modern Homo sapiens. David Liitschwager/National GeographicTengkorak Homo neanderthalensis (kiri) dan tengkorak perempuan modern Homo sapiens.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Manusia modern dan Neanderthal ternyata kawin dan berkembang biak di Eropa, demikian temuan analisis DNA berumur 40.000 tahun.

Kajian ini mengisyaratkan pemukim Homo sapiens awal di Eropa bercampur dengan leluhur Neanderthal hanya beberapa generasi sebelumnya pada garis keluarganya.

Penelitian sebelumnya memperlihatkan nenek moyang kita bercampur dengan Neanderthal 55.000 tahun lalu, kemungkinan besar di Timur Tengah.

Hasil terbaru mengungkapkan terjadi percampuran tambahan begitu manusia modern terdorong ke utara menuju Eropa.

Tim peneliti internasional menerbitkan analisis genom Eropa kuno ini di jurnal Nature.

Kelompok tersebut berhasil mengambil dan membuat rangkaian materi genetis dari sebuah tulang rahang yang ditemukan pada tahun 2002 di dalam gua Pe?tera cu Oase, Rumania barat daya.

Manusia kuno ditemukan lebih dekat hubungannya dengan Neanderthal dibandingkan manusia modern lainya (Homo sapiens) yang sebelumnya diteliti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekitar 6% dan 9% genom mahluk Oase berasal dari Neanderthal, suatu jumlah belum pernah ditemukan sebelumnya. Sebagai perbandingan, manusia Eropa saat ini memiliki 2%-4%.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.