Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lagu Pertama di Dunia, Dibuat 4.000 Tahun Lalu

Kompas.com - 18/06/2015, 13:29 WIB

 


KOMPAS.com — Orang-orang Yunani kuno adalah kaum yang kali pertama mengembangkan sistem simbol atau notasi untuk mencatat musik. Notasi musik tersusun dari dua sistem huruf berbeda, yakni untuk instrumen dan musik vokal.

Menurut Trevor Homer dalam bukunya, The Book of Origin, lagu pertama yang dibuat manusia adalah lagu himne Suriah berjudul "Hymn to Creation", yang ditulis dalam bahasa cuneiform.

Cuneiform merupakan bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia yang digunakan oleh bangsa Sumeria di tenggara Mesopotamia, 5.000 tahun yang lalu. Himne Suriah itu sendiri dibuat 3.400-4.000 tahun silam.

Boethius, yang hidup pada tahun 470-525 Masehi, menulis lima buku tentang teori musik. Ia juga mengembangkan sistem notasi musik menggunakan 15 huruf pertama dalam deretan alfabet.

Setelah penemuan notasi musik oleh Boethius, dunia musik semakin berkembang, dan lahir musisi-musisi berbakat. Namun pada saat itu, orang-orang masih bermain musik dengan cara sederhana, yakni, saat berkumpul, beberapa orang akan membentuk ansambel.

Pada akhirnya, awal abad ke-17, pertunjukan orkestra pertama dalam sejarah pun diselenggarakan. Penampilan orkestra pertama itu diselenggarakan pada tahun 1615, menampilkan persembahan musik karya Giovanni Gabrieli: Sacrae Symphoniae. (Difa Restiasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com