Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Kadal Purba Ini seperti Mantra Terlarang di Harry Potter

Kompas.com - 09/06/2015, 13:33 WIB


KOMPAS.com — Di daerah pertambangan di wilayah Gloucestershire, Inggris, telah ditemukan fosil kadal purba oleh tim ilmuwan dari University of Bristol. Menurut mereka, spesies kadal purba itu tidak pernah ditemukan sebelumnya.

Clevosaurus sectumsemper, begitu jenis kadal itu dinamakan. Bagi para penggemar novel fiksi Harry Potter, mungkin akan merasa familiar setelah membaca nama spesies kadal purba tersebut.

Ya, para ilmuwan menamai kadal yang diketahui hidup di bumi 205 juta tahun lalu ini dari mantra yang diciptakan JK Rowling dalam dunia sihir karangannya, "sectusempra".

Mantra itu sendiri bermakna untuk memotong atau melukai bagian tubuh seseorang dengan mencabik. Istilah itu diberikan untuk jenis clevosaurus baru ini karena giginya yang tumbuh sangat tajam seperti pedang dan berguna untuk mengoyak mangsanya dengan sekali gigit.

Kadal ini panjangnya hanya 11 sentimeter dan tercatat sebagai kadal clevosaurus terkecil yang pernah ditemukan.

Penemuan kadal Clevosaurus sectumsemper ini dimuat di jurnal Proceedings of the Geologists Association. (Difa Restiasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com