Nama Kadal Purba Ini seperti Mantra Terlarang di Harry Potter

Kompas.com - 09/06/2015, 13:33 WIB
Clevosaurus sectumsemper. Katharine WhitesideClevosaurus sectumsemper.
EditorTri Wahono


KOMPAS.com — Di daerah pertambangan di wilayah Gloucestershire, Inggris, telah ditemukan fosil kadal purba oleh tim ilmuwan dari University of Bristol. Menurut mereka, spesies kadal purba itu tidak pernah ditemukan sebelumnya.

Clevosaurus sectumsemper, begitu jenis kadal itu dinamakan. Bagi para penggemar novel fiksi Harry Potter, mungkin akan merasa familiar setelah membaca nama spesies kadal purba tersebut.

Ya, para ilmuwan menamai kadal yang diketahui hidup di bumi 205 juta tahun lalu ini dari mantra yang diciptakan JK Rowling dalam dunia sihir karangannya, "sectusempra".

Mantra itu sendiri bermakna untuk memotong atau melukai bagian tubuh seseorang dengan mencabik. Istilah itu diberikan untuk jenis clevosaurus baru ini karena giginya yang tumbuh sangat tajam seperti pedang dan berguna untuk mengoyak mangsanya dengan sekali gigit.

Kadal ini panjangnya hanya 11 sentimeter dan tercatat sebagai kadal clevosaurus terkecil yang pernah ditemukan.

Penemuan kadal Clevosaurus sectumsemper ini dimuat di jurnal Proceedings of the Geologists Association. (Difa Restiasari)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X