Kompas.com - 25/05/2015, 20:14 WIB
Torehan pada cangkang Pseudodon vondembuschianus trinilensis berusia 500.000 tahun, dinyatakan sebagai torehan tertua di dunia. Wim Lustenhouwer/VU University AmsterdamTorehan pada cangkang Pseudodon vondembuschianus trinilensis berusia 500.000 tahun, dinyatakan sebagai torehan tertua di dunia.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Bagaimana awalnya manusia menjadi makhluk kreatif? Mengapa harus menjadi kreatif?

Josephine CA Joordens, peneliti post-doktoral dari Universitas Leiden di Belanda, mengungkapkan bahwa alasan tumbuhnya kreativitas mungkin tak jauh-jauh dari mencari jodoh.

Joordens menyampaikan hal itu di sela presentasi tentang penemuan ukiran cangkang tertua di dunia dalam acara ulang tahun ke-25 Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) di Jakarta, Senin (25/5/2015).

Ukiran cangkang tertua sendiri ditemukan pada fosil cangkang kerang air tawar dari situs Trinil, Jawa Timur.

Cangkang itu ditemukan pertama kali oleh Eugene Dubois di Trinil pada tahun 1896. Selanjutnya, cangkang menjadi koleksi Museum Leiden.

Beberapa waktu lalu, Joordens dan rekannya, Clive Finlayson, mengevaluasi cangkang dan menyadari adanya pola yang aneh pada cangkang.

Joordens meminta Finlayson yang seorang pakar hewan untuk mengidentifikasi apakah pola itu alami atau buatan.

Setelah difoto dan diamati dengan mikroskop, Finlayson mengungkap bahwa pola aneh itu buatan manusia.

Hal yang mengejutkan, pembuat pola itu ternyata bukan manusia modern (Homo sapiens), melainkan manusia Jawa kuno (Homo erectus).

Ukiran tersebut diprediksi berumur 500.000 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X