Kompas.com - 13/05/2015, 18:53 WIB
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Moratorium hutan positif diperpanjang. Program perlindungan dan pemberhentian izin pembukaan hutan untuk kepentingan usaha seperti diatur Instruksi Presiden Nomor 6/2013 yang berakhir Rabu (13/5/2015) dilanjutkan.

"Presiden RI pada Rabu 13 Mei 2015 menegaskan setuju (moratorium) untuk diperpanjang," kata Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dalam rilis yang diterima Kompas.com hari ini.

Sejumlah LSM yang bergerak di bidang lingkungan meminta agar moratorium tidak sekadar diperpanjang tetapi juga diperkuat. Bukan hanya memberhentikan sementara penerbitan izin, moratorium diharapkan juga bisa menata izin hutan yang tumpang tindih.

Menanggapi permintaan itu, Siti mengungkapkan bahwa pembahasan tentang perubahan penguatan bisa dilakukan seiring proses perpanjangan dengan melibatkan sejumlah kementerian bersama sejumlah lembaga yang mengusulkan. Ketegasan menguatkan moratorium sendiri belum ada.

Usulan penguatan moratorium sendiri datang dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia *Walhi), Kemitraan, Sawit Watch Indonesia, dan World Resources Institute (WRI). Selain penataan izin kehutanan, penguatan yang diharapkan juga mencakup perlindungan pada masyarakat adat.

Moratorium hutan mulai dilakukan sejak tahun 2011 pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Periode pertama berakhir tahun 2013 dan dilanjutkan hingga tahun 2015 tanpa penguatan apa pun.

Sejumlah pihak meminta penguatan pada moratorium sebab selama pemberlakuan moratorium, deforestasi tetap terjadi. Moratirium yang sudah berlangsung selama empat tahun sendiri dinilai gagal mengurangi emisi dari sektor kehutanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.