Kompas.com - 11/05/2015, 11:41 WIB
Senja biru di planet Mars diabadikan oleh wahana antariksa Curiosity pada 15 April 2015. NASA merilis citra itu pada Jumat (8/5/2015). NASASenja biru di planet Mars diabadikan oleh wahana antariksa Curiosity pada 15 April 2015. NASA merilis citra itu pada Jumat (8/5/2015).
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Di Planet Biru kita, senja tampak berwarna merah. Sebaliknya, di Planet Merah, senja berwarna biru.

Wahana antariksa Curiosity mengabadikan wajah senja di Mars pada 15 April 2015 lalu. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis potret senja di Planet Merah itu pada Jumat (8/5/2015).

"Warna biru itu terjadi karena partikel debu punya ukuran yang pas sehingga memungkinkan cahaya biru masuk ke atmosfer lebih efisien," kata Mark Lemmon, ilmuwan tim Curiosity.

Cahaya biru yang masuk dan menabrak partikel debu tetap berada pada arah yang sama dengan Matahari. Sementara itu, cahaya kuning dan merah yang mendominasi langit terhambur dan justru tak banyak diserap atmosfer.

Dijelaskan dalam situs Jet Propulsion Laboratory NASA, bukan hanya senja saja yang punya warna berbeda dengan Bumi.

Jika manusia berada di Mars dan melihat panorama siang, warna yang mendominasi juga bukan kuning seperti di Bumi. Partikel debu Mars membuat siang hari lebih menyerupai warna benda yang berkarat.

Wahana antariksa Curiosity adalah wahana NASA yang bertugas menyelidiki lingkungan Mars dan jejak adanya air dan kehidupan di planet itu.

Mendarat di Planet Merah pada Agustus 2012, Curiosity telah membuat penemuan berharga, seperti batu-batu, yang membuktikan bahwa air pernah mendominasi Mars serta keberadaan molekul organik pendukung kehidupan.




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X