Kompas.com - 04/05/2015, 20:49 WIB
Senja akan dihiasi dengan dua bintang bila bintang Bumi adalah Kepler 35. Martin VargicSenja akan dihiasi dengan dua bintang bila bintang Bumi adalah Kepler 35.

KOMPAS.com — Mungkinkah ada tumbuhan warna hitam? Jawabannya ya. Di planet kemerahan dimungkinkan saja keberadaan vegetasi berwarna keabu-abuan atau hitam. Warna yang tidak familiar kita temui pada vegetasi tanaman di Bumi.

Peneliti Jack O'Malley-James dari University of St Andrews di Skotlandia tengah mengerjakan riset tentang proses fotosintesis yang berlangsung pada tanaman dengan dipengaruhi dari warna cahaya yang menyinarinya.

Di Bumi, kebanyakan tanaman berwarna hijau demi beradaptasi dengan cahaya Matahari yang kuning keemasan, yang diterima di permukaan planet. Namun, berdasarkan penelitiannya, pada planet-planet yang bersistem dua bintang dengan warna berbeda dari Matahari, tanaman dapat berwarna abu-abu, bahkan hitam. "Supaya dapat menyerap energi lebih dan memperkuat proses fotosintesis," ujarnya.

Penelitian ini pun membuka wawasan akan banyaknya kombinasi serta variasi pada bintang dan potensi keberlangsungan kehidupan di planet-planet yang mengorbitnya.

Tak hanya unsur warna yang berpengaruh. "Untuk planet yang mengorbit dua bintang atau lebih, radiasi berbahaya dari cahaya yang intens dapat membuat tanaman menciptakan semacam tabir suryanya sendiri untuk mengeblok sinar ultraviolet," kata O'Malley-James.(Gloria Samantha)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.