Saudara T Rex Ini Justru Pemakan Tumbuhan

Kompas.com - 04/05/2015, 10:36 WIB
Ilustrasi Chilesaurus diegosuarezi. LiveScienceIlustrasi Chilesaurus diegosuarezi.
EditorTri Wahono


Saat mendengar kabar mengenai Tyrannosaurus rex (T. rex) umumnya yang teringat tentu ukuran tubuhnya yang sangat besar, wajah garang, dan ganas. Namun, kesan tersebut berbeda sekali dengan saudara T. rex yang ditemukan fosilnya di Cile. 

Chilesaurus diegosuarezi
merupakan saudara dari Tyrannosaurus rex si pemakan daging alias karnivora. Namun, Chilesaurus diegosuarezi tidak mengikuti jejak saudaranya itu, dan berevolusi menjadi herbivora.

"Ketika saya melihat bentuk fosil tulang ini, nampaknya ada yang berbeda," ujar Fernando Novas, salah satu peneliti dari Berbardino Rivadavia Natural Sciences Museum di Buenos Aires, Argentina.

Ia berpendapat, dinosaurus ini tampak tak biasa karena kombinasi yang berbeda dari tiga jenis kelompok dinosaurus lainnya.

Ketika itu tahun 2010, dua ahli geologi menemukan beberapa fosil di sekitar Cile. Salah satunya adalah Chilesaurus diegosuarezi. Sejak temuan itu, pihak Cile dan Argentina bekerja sama meneliti lusinan fosil Chilesaurus.

Meski tidak seluruh bagian dinosaurus ini ditemukan, peneliti menemukan hal yang berbeda. Chilesaurus memiliki tengkorak kecil, leher panjang namun besar, dan kaki yang tidak lurus. "Kaki milik Chilesaurus memang untuk berjalan, tidak untuk berlari," ujar Novas.

Sementara menurut Thomas Carr dari Carthage Collage di Wisconsin, Chilesaurus merupakan spesies yang luar biasa unik. Pasalnya, melalui temuan Chilesaurus dapat diketahui tentang evolusi dinosaurus. Seperti jenis theropoda yakni dinosaurus yang berjalan dengan kaki dan pemakan daging, ternyata dapat berevolusi menjadi herbivora atau pemakan tumbuhan.(Livescience)

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X