Leluhur Manusia Terbukti Kanibal

Kompas.com - 21/04/2015, 10:32 WIB
Bukti tengkorak manusia yang hancur disebabkan karena ritual kuno. Natural History MuseumBukti tengkorak manusia yang hancur disebabkan karena ritual kuno.
EditorTri Wahono


KOMPAS.com — Sebelumnya ada keraguan bahwa nenek moyang manusia memiliki sifat kanibalisme. Namun, keraguan itu kini telah sirna.

Sisa-sisa di suatu situs arkeologi menunjukkan bahwa nenek moyang manusia memang melakukan pembantaian hingga memakan sesama.

Sisa-sisa yang menunjukkan hal tersebut terletak di Gua Gough di Somerset, Inggris.

Ilmuwan menganalisis adanya tanda-tanda pada tulang di situs ini. Melalui penanggalan radiokarbon, terungkap bahwa tulang-tulang tersebut berasal dari 15.000 tahun lalu.

Silvia Bello dari Natural History Museum di London mengungkap bahwa timnya berhasil mengungkap apa yang terjadi sebelumnya.

"Kami menemukan bukti bahwa adanya peristiwa kanibalisme, seperti mengunyah daging manusia, menghancurkan tulang untuk mengekstrak sumsumnya," ujar Bello.

Temuan ini secara bersamaan telah membuktikan bahwa kanibalisme merupakan perilaku normal leluhur manusia. (BBC)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X