Di Zaman Batu Juga Ada Pabrik Senjata

Kompas.com - 15/04/2015, 16:27 WIB
National Geographic Gunung Arteni di Armenia ini merupakan lahan sumber bahan baku pembuatan senjata batu di masa Paleolitikum.


Senjata-senjata yang terbuat dari batu obsidian mengkilap ditemukan di sepanjang tenggara lereng gunung Arteni, Georgia.

Ratusan pedang, kapak tangan, pengerik, pisau pahat, panah, dan mata tombak yang terbuat dari batu obsidian dan mengkilap ketika terkena cahaya matahari ditemukan menghampar di sepanjang lereng. Penemuan itu layaknya pameran senjata di alam terbuka.

Penemuan itu mengungkap keberadaan lahan pabrik pembuatan senjata pada zaman batu di negara yang berbatasan dengan Rusia, Turki, dan Armenia itu.

Namun, karena jumlah senjata yang ditemukan sangat banyak, belum dapat dipastikan dari periode mana artefak senjata itu berasal.

"Sejumlah temuan diidentifikasi berasal dari zaman Paleolitikum, zaman Perunggu, dan zaman Besi," kata arkeolog Boris Gasparyan.

Para pelajar memang sudah lama memprediksi tanah Kaukasus menyimpan banyak peninggalan purbakala. Sejak tahun 2011, banyak penemuan artefak dari batu obsidian yang ditemukan di Armenia. Sedikitnya 500 artefak ditemukan tiap harinya.

Ahli antropologi Ellery Frahm dari The University of Minnesota menggunakan alat x-ray fluorescence portable untuk meneliti kompenen kimia dari artefak yang ditemukan.

Homo erektus

Batu obsidian merupakan batuan vulkanis yang mengkilap seperti gelas. Pinggirannya yang tajam cocok dijadikan senjata di zaman Batu. Bahkan, tak jarang batuan ini dipakai untuk pembuatan pisau bedah.

Pertanyaannya, spesies manusia mana yang telah menggunakan batuan obsidian di tanah Armenia?

Di tahun 2013, seorang ahli arkelogi asal Georgia mengumumkan penemuan fosil manusia tertua di Afrika Timur, yakni lima tengkorak Homo erectus, yang berumur 1,8 juta tahun.

Situs penemuan lima tengkorak itu hanya berjarak beberapa mil di seberang perbatasan Armenia di Dmanisi, Georgia.(Frank Viviano)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorTri Wahono
Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X