Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Matematika Siswa Singapura Gegerkan Dunia, Bisakah Anda Menjawabnya?

Kompas.com - 14/04/2015, 01:02 WIB

KOMPAS.com — Indonesia pernah geger gara-gara soal Matematika 4 x 6 atau 6 x 4. Kini, soal Matematika siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Singapura membuat seluruh dunia garuk-garuk kepala.

Kenneth Kong, pembawa acara Hello Singapore, adalah orang yang berperan memicu kegegeran itu. Dia mengunggah soal sulit itu ke akun Facebook-nya pada Sabtu (11/4/2015). Dalam postingan-nya, dia mengatakan, "Pertanyaan ini memicu debat dengan istri saya."

Soal Matematika itu adalah sebagai berikut:

Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 pilihan, yaitu:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
14 Juli, 16 Juli,
14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus

Cheryl kemudian mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang bulan dan tanggal ulang tahunnya secara berurutan.

Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:

Albert     : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.

Bernard    : Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu.

Albert    : Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.

Jadi, kapan ulang tahun Cheryl?

Postingan Kong mengundang beragam komentar di media sosial. Di Facebook, beberapa pengguna bukan malah menjawab pertanyaan, melainkan malah meledek. Ada yang bertanya, mengapa Cheryl tak memberitahukan saja hari ulang tahunnya. Lalu, ada yang menanggapi, "mungkin Cheryl sedang menstruasi."

Nah, bagaimana dengan Anda? Anda mungkin bisa berkomentar tentang Cheryl, tetapi apakah Anda bisa menjawab pertanyaan itu? 

Update: soal matematika ini ternyata untuk level olimpiade dan ada jawabannya meskipun rumit. Baca: Ini Jawaban soal Matematika di Singapura yang Bikin Geger Dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com